Share

Kakak Beradik Asal Depok Alami Penyempitan Otak, Apa Gejala dan Penyebabnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 481 2617314 kakak-beradik-asal-depok-alami-penyempitan-otak-apa-gejala-dan-penyebabnya-KrKIrlv69R.jpg Kakak beradik alami penyempitan otak (Foto: ist)

KAKAK beradik asal Depok, Jawa Barat mengalami penyempitan otak. Mereka adalah Nabila Hasna Amira (9) dan adiknya, Azka Nazwan Al Islami (6). Penyakit itu diketahui sudah dialami sejak usia sang adik 1,5 tahun.

Sayangnya, karena masalah ekonomi, orangtua Nabila dan Azka tak bisa melanjutkan pemeriksaan maupun membeli obat sejak 2020. Sebelumnya kakak adik ini mendapat penanganan medis akibat penyempitan otak di RS Hermina Depok, Jawa Barat.

 mengalami penyempitan otak

Terlepas dari itu, penyakit penyempitan otak yang kemungkinan dalam dunia medis disebut Sindrom Vasokonstriksi Serebral Reversibel (RCVS) tersebut adalah kondisi langka yang terjadi sebagian besar akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah yang memasok darah ke otak secara tiba-tiba.

Kalau ditanya apakah penyakit ini berbahaya, diterangkan laman Cleveland Clinic, pada kebanyakan kasus, pasien RCVS dapat sembuh total. Meski, tak bisa dipungkiri kondisi langka ini menyebabkan masalah serius di sistem neurologis pasien.

"RCVS biasanya tidak kambuh setelah dinyatakan sembuh," ungkap laman kesehatan terverifikasi tersebut, Jumat (24/6/2022).

 BACA JUGA:Kakak Adik Alami Penyempitan Otak, Alasan Tak Bisa Lanjutkan Pengobatan Sungguh Memilukan

Nah, bicara soal gejala yang biasanya muncul ketika seseorang didiagnosis RCVS, dikatakan di sana bahwa sakit kepala yang parah dan mendadak adalah gejala paling umum dilaporkan. Selain itu, gejala penyerta yang juga muncul antara lain:

1. Stroke atau serangan iskemik transien (stroke ringan)

2. Kelemahan tubuh

3. Masalah pada penglihatan

4. Kejang

Sementara itu, apa penyebab dari penyakit RCVS ini?

RCVS terjadi akibat adanya gangguan pada kontrol tonus otot polos di dalam dinding pembuluh darah otak. Namun, tidak ada bukti bahwa terjadi peradangan atau perubahan dalam struktur pembuluh darah otak atau jaringan di antara pasien RCVS.

"Tidak ada penyebab pasti kenapa terjadi perubahan pada pembuluh darah yang menuju ke otak tersebut. Perubahan sering kali terjadi spontan," terang laporan itu.

Namun, ada faktor eksternal yang mungkin terkait dengan RCVS, termasuk paparan obat bebas atau obat terlarang yang dapat menyebabkan penyempitan arteri. RCVS juga mungkin terkait dengan faktor internal seperti adanya tumor yang mengeluarkan zat tertentu yang pada akhirnya menyempitkan pembuluh darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini