Share

Bisakah Pengidap Kanker Serviks Hamil?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 481 2617404 bisakah-pengidap-kanker-serviks-hamil-T5RU0myjvQ.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

KANKER serviks menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak bagi perempuan, termasuk di Indonesia.

Hadir sebagai ancaman bagi kaum perempuan, timbul pertanyaan apakah pengidap kanker serviks bisa tetap hamil atau tidak?

Disampaikan dr. Agung Witjaksono, Sp.OG, sebenarnya secara umum bisa saja terjadi perempuan pengidap kanker serviks ternyata dalam keadaan mengandung. Dengan proses, pengidap sudah mengalami kanker serviks lebih dulu baru kemudian hamil.

"Bahkan ada juga orang yang ditemukan kanker serviks di saat hamil, artinya serviks dulu baru hamil. Kanker serviks bisa terjadi dari nggak bergejala sampai bergejala," ujar dr. Agus, dalam gelaran acara talk show di Klinik JLA Indonesia, Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Situasi ini mungkin terjadi, mengingat apabila seseorang terinfeksi virus HPV memang tidak langsung berkembang menjadi kanker. Dokter Agus mengatakan kalau kondisinya akan berproses yang awalnya, tak diduga kanker serviks tapi sudah mengalami kanker, bisa bergejala atau tidak bergejala barulah perempuan tersebut hamil, namun kondisinya sudah mengidap dan kemungkinan sudah ada di stadium lanjut.

"Jadi bisa saja,tapi bila terinfeksi tidak langsung terjadi kanker," pungkasnya

Kanker serviks sendiri merupakan tipe penyakit kanker yang bisa dicegah, melalui pencegahan primer dan sekunder. Pencegahan primer dilakukan dengan vaksinasi, dan pencegahan sekunder bisa dilakukan dengan pemeriksaan screening lebih awal.

BACA JUGA:13 Penyebab Kenapa Muncul Benjolan di Leher, Bisa Jadi Gejala Kanker Lho!

BACA JUGA:Kanker Serviks Intai Perempuan, Kenali 3 Gejalanya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini