Share

Ternyata Cacar Monyet Pernah Hampir Masuk ke Indonesia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 481 2617618 ternyata-cacar-monyet-pernah-hampir-masuk-ke-indonesia-YeAx7pHy8o.JPG Monkeypox (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Kesehatan RI, mengungkapkan ada sekitar sembilan kasus dicurigai cacar monyet di Indonesia.

Namun, akhirnya sembilan kasus ini hanya jadi dugaan, karena semuanya dinyatakan bukanlah infeksi cacar monyet.

"Ada 9 kasus yang dicurigai cacar monyet, tapi berdasar pemeriksaan laboratorium, tidak ada kasus positif cacar monyet," kata Juru Bicara Kemenkes RI, dr. Mohammad Syahril saat konferensi pers virtual, Jumat (24/6/2022).

Lebih detail dilaporkan, kesembilan kasus yang dicurigai cacar monyet tersebut berasal dari 4 Provinsi di Indonesia. Satu kasus discarded ( orang yang berstatus suspek atau probable dengan hasil negatif PCR dan atau sequencing cacar monyet) di Kalimantan Barat, empat kasus discarded di DKI Jakarta, tiga kasus discarded di Jawa Barat, dan satu kasus discarded di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Waspada! Cacar Monyet Sudah Tembus 3200 Kasus dan 1 Kematian

BACA JUGA:WHO Ancang-Ancang Pengadaan Ribuan Tes Cacar Monyet untuk Afrika

Berdasar laporan laboratorium pada sembilan kasus yang dicurigai cacar monyet ini, kata dr. Syahril, ada tiga kondisi yang ditemukan yakni,

1. PCR Orthopoxviridae Negatif (7 kasus)

2. Pemfigoid Bulosa (1 kasus)

3. Varicella atau cacar air (1 kasus)

"Dari temuan ini, kami menegaskan bahwa hingga sekarang Indonesia tidak melaporkan kasus cacar monyet satu pun," tegas Jubir Syahril.

Sebagai informasi, untuk bisa mendiagnosis apakah seseorang positif cacar monyet atau tidak, Indonesia menggunakan cara yakni pemeriksaan sampel di dua pusat laboratorium, Pusat Studi Satwa Primata, LPPM IPB dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Sri Oemiyati. Tes PCR yang dilakukan akan bisa membaca keberadan virus cacar monyet di tubuh pasien terduga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini