Share

Kemenkes: Penyakit Cacar Monyet Akan Sembuh Sendiri

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 481 2617724 kemenkes-penyakit-cacar-monyet-akan-sembuh-sendiri-2KKn9fouOq.jpg Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Reuters)

KASUS cacar monyet atau monkeypox memang semakin menyebar ke berbagai belahan dunia. Terbaru, infeksi cacar monyet ditemukan di Korea Selatan, setelah otoritas kesehatan setempat melaporkan temuan dua kasus baru.

Namun, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menjelaskan bahwa saat ini masih belum ada di Indonesia. Syahril mengatakan, cacar monyet mudah menular, sehingga masyarakat diimbau tetap waspada.

"Sampai sekarang belum ada ya ditemukan di Indonesia," ujar Syahril dalam konferensi pers Update Covid-19, Hepatitis Akut dan Cacar Monyet, Jumat (24/6/2022).

Dalam paparannya, dia menjelaskan penemuan kasus yang diduga cacar monyet waktu lalu di Singkawang. Dipastikan bukan cacar monyet tetapi cacar air. Di mana dilaporkan ada 9 pasien diduga terjangkit cacar monyet. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata mengalami cacar air.

"Tapi pernah ditemukan 9 kasus yang kemudian dicek setelah dilakukan pemeriksaan ternyata negative cacar monyet yaitu di Singkawang. Ternyata pasien itu mengalami cacar air," jelasnya.

Sejauh ini, kasus cacar monyet di dunia belum ada yang dilaporkan meninggal. Dia pun meminta agar masyarakat tenang dan memahami penularan cacar monyet ini.

"Monkeypox ini tumbuh sendiri, penyakit ini sembuh sendiri. Hingga sampai saat ini belum dilaporkan ada kematian dari kasus, sehingga kita tetap tenang dan waspada ini juga sangat menular," tambah dr Syahril.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini