Share

Mengenal Data Analyst, Profesi Menjanjikan dan Kekinian

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 25 Juni 2022 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 612 2618270 mengenal-data-analyst-profesi-menjanjikan-dan-kekinian-0YTcfrQIrg.jpg Profesi data analyst (Foto: topdev)

DI tengah kemajuan zaman dan era digital, maka banyak perusahaan yang mencari karyawan di bidang data science. Oleh karena itu, profesi sebagai data analyst sangat menjanjikan.

Apa sih tugas data analyst? Tugasnya bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data dengan menggunakan tools tertentu.

 data analyst

Salah satu orang yang tertarik bekerja sebagai data analyst adalah Adam Hafid Nurfalah, dengan latar belakang Teknik Elektro. Ia memilih kerja sebagai senior data analyst di salah satu perusahaan yang bergerak di industri media digital. Ia mengaku mengincar karir data analyst karena sangat menjanjikan di masa depan.

Ia ingin berkarir di bidang tersebut berawal dari ramainya perbincangan tentang kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

"Saya melihat data menjadi kian penting seiring dengan berkembangnya industri 4.0. Hal inilah yang mendasari keyakinan saya memilih berkarier sebagai data analyst," kata Adam.

Menurutnya, ada tiga poin penting yang harus ada dalam sebuah tempat study data science yaitu, kurikulum yang lengkap, reputasi yang baik, dan hiring partner yang oke. Ia belajar di Algoritma data science school. Selama proses belajar data science tak semulus yang dibayangkan. Awalnya ragu karena bukan dari IT, namun para mentornya sangat membantu.

“Jujur, setelah lulus saya banyak DM, minta saya join di company mereka sebagai data analyst. Bukan saya yang apply tapi mereka yang approach,” ujarnya.

 BACA JUGA:Lulus Sarjana Hukum, Bisa Berkarir Jadi Apa?

Oleh karena itu, anak muda tidak ada salahnya mencoba karir baru yang sangat menjanjikan di 2022. Apalagi banyak perusahaan membutuhkan data analyst ya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini