Share

Waspada Daging Kurban Terinfeksi PMK, Dokter: Pilihlah Hewan Bersertifikat

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 612 2618448 waspada-daging-kurban-terinfeksi-pmk-dokter-pilihlah-hewan-bersertifikat-s4wVVrWrwH.jpg Sapi kurban siap dipotong (Foto: Master of life)

MENJELANG Hari Raya Idul Adha di Indonesia, masyarakat semangat untuk membeli hewan kurban. Namun perlu dipahami, bahwa daging kurban yang sudah dipotong sulit diketahui terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Kesehatan Hewan (Dirkeswan) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr Drh Nuryani Zainuddin, M.Si Dalma webinar "Mewaspadai Penyakit Mulut dan Kuku Terhadap Kesehatan Manusia".

 daging kurban

"Pilih lah hewan yang sudah berlabel dan sertifikat bebas PMK," ujar Dr Nuryani, Minggu (26/6/2022).

"Jadi kalau sudah dipotong nggak ada ciri-cirinya mana yang terkena PMK atau tidak karena harus melakukan cek ke laboratorium," sambungnya.

 BACA JUGA:Punya Daging Kurban Sisa? Yuk Bikin Muffin Baked Beef ala Chef Arnold

Dia pun berpesan agar masyarakat mengawasi pembelian hewan kurban pada organisasi yang aman dan terpercaya. Disarankan, tidak membeli hewan yang jauh dari lokasi tempat tinggal, sehingga bisa mengawasi dan mengetahui kondisi hewan kurban yang dibeli.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini