Share

Turunkan Darah Tinggi dengan Peterseli dan Bawang putih

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 612 2619205 turunkan-darah-tinggi-dengan-peterseli-dan-bawang-putih-wqwNK5cXl3.jpg Ilustrasi Hipertensi. (Foto: Shutterstock)

RISET Kesehatan Dasar menyebut prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1 persen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan prevalensi hipertensi pada Riskesdas pada 2013 sebesar 25,8 persen.

Diperkirakan hanya 1/3 kasus hipertensi di Indonesia yang terdiagnosis, sementara sisanya tidak terdiagnosis. Tidak heran jika hipertensi atau tekanan darah tinggi, kerap disebut sebagai “the silent killer karena sering terjadi tanpa keluhan.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Hipertensi

“Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi,” ujarnya.

Dokter Erwinanto menjelaskan, untuk menurunkan hipertensi harus dilakukan juga dengan memperbanyak makan sayur, buah, sedikit lemak jenuh, ikan dan sedikit gula. Hal tersebut diiringi dengan berolahraga secara teratur 30 menit per hari.

Dilansir dari laman Health Line, terdapat beberapa herbal yang baik untuk Anda yang memiliki darah tinggi, berikut dua di antaranya:

Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Peterseli

Peterseli ( Petroselinum crispum ) merupakan ramuan yang cujup populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini asli asal Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat.

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini