Share

Berapa Banyak Konsumsi Emping Melinjo Jika Tak Mau Kena Asam Urat?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 298 2619684 berapa-banyak-konsumsi-emping-melinjo-jika-tak-mau-kena-asam-urat-KifE6XRzMc.jpg Emping Melinjo. (Foto: Coockpad)

MAKANAN tinggi purin memang menjadi salah satu pemicu penyakit asam urat. Salah satu kuliner yang tinggi akan purin yakni jeroan, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat.

Tapi, ada juga anggapan bahwa emping melinjo juga bisa menyebabkan penyakit asam urat. Lantas, apakah benar emping melinjo merupakan penyebab asam urat? Anggapan ini pun sudah turun-temurun dipercaya kebenarannya, termasuk oleh pihak medis.

Faktanya, seperti dilansir dari KlikDokter, emping merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar melinjo. Buah yang punya nama latin Gnetum gnemon L ini mengandung purin yang relatif tinggi, yaitu berkisar 50 hingga 150 miligram per 100 gram sajian.

Dengan demikian, efek makan emping melinjo, apalagi dalam porsi berlebih, terbukti dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah.

Emping Melinjo

Sekarang Anda sudah tahu kandungan dalam emping melinjo dan alasan mengapa makanan ini bisa meningkatkan kadar asam urat. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Anda tetap boleh mengonsumsinya asalkan porsinya dibatasi.

Para ahli kesehatan mengatakan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi emping melinjo lebih dari 100 gram (10 keping ukuran kecil) dalam sehari. Selain karena bisa memicu penyakit asam urat, makanan ini juga mengandung kalori yang tinggi. Sekitar 100 gram emping melinjo menyimpan sedikitnya 350 kalori.

Jadi, dapat Anda dapat bayangkan sendiri jika emping dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Anda bukan hanya berisiko mengalami penyakit asam urat, tetapi juga obesitas alias berat badan di atas normal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini