Share

Cegah GERD Kambuh saat Tidur, Begini Loh Cara Mengatasinya

Tim Okezone, Okezone · Selasa 28 Juni 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 612 2619772 cegah-gerd-kambuh-saat-tidur-begini-loh-cara-mengatasinya-ts4HicRs8V.jpeg Ilustrasi GERD. (Foto: Shutterstock)

KURANG tidur memang bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh kita. Tapi, banyak orang yang merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas maupun jam tidur yang memadai.

Health Practitioner Klikdokter, dr. Devia Irine Putri apabila kurang tidur, hal ini dapat mengganggu ritme tubuh. Apalagi, ketika tidur tubuh kita tetap bekerja salah satunya lambung yang terus memproduksi asam dan bisa mengakibatkan GERD.

"Ditambah pula jika memiliki kebiasaan makan atau ngemil di malam hari, maka produksi asam lambung pun bisa bertambah,” sambungnya.

Akibatnya, banyak orang yang memiliki kualitas tidur buruk mengalami masalah santung, suasana hati dan fungsi memori. Oleh karena itu, agar tidak mengalami keluhan-keluhan tersebut, Anda mesti memperbaiki kebiasaan menjelang tidur. Berikut ini saran dari dr. Devia:

GERD

Usahakan untuk tidak makan sebelum tidur. Jadi, berikan jeda 3‒4 jam dari waktu makan ke waktu tidur. Makanlah dalam porsi yang sedikit-sedikit, tetapi sering.

"Hindari jumlah yang berlebihan dan perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang memicu produksi asam lambung, seperti asam dan pedas," jelas dia.

Gunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur, sehingga dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Gunakan pakaian tidur yang nyaman dan longgar. "Penggunaan pakaian yang terlalu ketat bisa menekan area perut sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan," tambahnya.

Penting untuk selalu memperhatikan kebiasaan sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah naiknya asam lambung ke arah kerongkongan. Terapkan pula gaya hidup sehat agar GERD tidak kambuh dan mengganggu kualitas tidur Anda.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini