Share

Jumlah Kalori Tahu Bakso, Dikukus dan Digoreng Beda Jauh!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 298 2620284 jumlah-kalori-tahu-bakso-dikukus-dan-digoreng-beda-jauh-swdeuNutql.jpg Kalori Tahu Bakso (Foto: Cookpad)

KALORI tahu bakso akan dibahas dalam artikel ini beserta kandungan nutrisi lainnya. Tahu bakso merupakan salah satu camilan favorit orang Indonesia. Lantas sudah tahukah Anda jumlah kalori tahu bakso?

Jumlah kalori tahu bakso bisa berbeda tergandung dari cara memasaknya. Karena, tahu bakso bisa dikukus ataupun digoreng.

Kalori Tahu Bakso

(Kalori tahu bakso/Cookpad)

Tahu bakso yang dikukus tidak menyebabkan jumlah kalori naik drastis. Bahkan kurang lebih jumlah kalorinya sama dengan tahu bakso itu sendiri.

Dikutip dari situs fatsecret, setiap 100 gram tahu bakso mengandung 192 kalori. Ini setara dengan 10 persen AKG atau Angka Kebutuhan Gizi 2.000 kalori.

BACA JUGA : Resep Takjil Rolade Tahu ala Chef Devina Hermawan, Garingnya Bikin Susah Berhenti Ngunyah!

Selain kalori, tahu bakso juga mengandung beberapa nutrisi lainnya. Dalam 100 gram tahu bakso terdapat 10,1 gram lemak, 17,8 gram karbohidrat dan 9,84 gram protein.

BACA JUGA : Resep Tahu Bakso Udang Goreng, Cocok untuk Jadi Bekal Makan Siang

Sedangkan tahu bakso yang digoreng mengalami lonjakan jumlah kalori yang cukup signifikan. Setiap 100 gram tahu memiliki 78 kalori, jika dimasak dengan digoreng akan menjadi 271 kalori.

Peningkatan jumlah kalori bisa dibilang hampir 3 kali lipat. Nah, dengan kata lain jumlah kalori tahu bakso yang sebesar 192 kalori akan meningkat jika digoreng menjadi 666 kalori.

Ini setara dengan 33 persen AKG. Jadi, selain untuk membatasi konsumsi tahu bakso, ada baiknya menggunakan metode memasak dikukus agar lebih sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini