Share

Kapan Waktu Terbaik Menyantap Dessert? Ini Kata Ahli Diet

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 298 2620636 kapan-waktu-terbaik-menyantap-dessert-ini-kata-ahli-diet-viQNElEj0U.JPG Cupcake sebagai dessert (Foto: Freepik)

ANDA pernah mendengar ungkapan terkenal, ‘selalu ada ruang untuk dessert’ bukan? Ya, menyantap hidangan penutup, biasanya hidangan manis seperti kue, pie, atau es krim sesaat setelah makan memang menyenangkan.

Biasa disantap begitu selesai makan besar, baik itu makan siang atau makan malam. Apakah sebetulnya, ada waktu khusus yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk menyantap dessert alias hidangan penutup ini? Nah, menurut ahli diet, Sue-Ellen Anderson-Haynes, sebetulnya makanan yang dinikmati setelah makan malam bisa menyebabkan refluks asam, mulas, sakit perut, atau sampai sulit tidur jika dinikmati terlalu dekat dengan waktu tidur.

“Butuh waktu sekitar satu hingga dua jam untuk mencerna karbohidrat (roti, pasta, biskuit). Jika menambahkan lagi lebih banyak komponen seperti protein dan lemak, maka kita menambah lama waktu pencernaan,” kata Sue.

BACA JUGA:Viral Cara Baru Makan Mie Instan Pakai Es Krim, Netizen: Aliran Apa Lagi Ini

BACA JUGA:7 Manfaat Makan Nato, Tempe Made in Japan

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Meski demikian, bukan berarti hidangan penutup tersebut menjadi hal yang terlarang. Ahli diet terdaftar lainnya, Alissa Rumsey menilai, dessert bisa dimakan kapan saja di waktu sepanjang hari yang diinginkan, atau dengan kata lain silakan disantap saat memang sudah ingin memakannya.

Alissa menyebut, jika terlalu dihindari malah bisa membuat kita terkendali di waktu selanjutnya.

“Seringkali orang membatasi makanan penutup atau misalnya makan permen di siang hari, bahkan di saat sudah sangat menginginkannya. Hal ini bisa menyebabkan kita jadi merasa tidak terkendali tentang makanan manis di kemudian hari,” ujar Alissa, dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (29/6/2022).

Senada dengan Alissa, begitu juga Kimberley Rose-Francis, ahli diet lainnya yang mengatakan lebih baik makan hidangan penutup seperti makanan manis, daripada stres karena menjauhinya.

lebih baik memiliki yang manis daripada terobsesi untuk kesehatan mental dan fisik Anda. “Menjauhkan diri sendiri dari dessert ini, di kemudian hari bisa menyebabkan malah menyantap berlebihan dan selanjutnya timbul rasa bersalah karena makan terlalu banyak,” ujar Kimberley.

Saat hendak menyantap hidangan penutup, Alissa menyarankan untuk menerapkan ‘aturan 20 menit’ yakni menunggu selama 20 menit setelah usai makan sebelum memutuskan untuk kembali menyantap sesuatu. Sebab dibutuhkan sekitar 20 menit bagi otak untuk mencatat rasa kenyang.

“Perut mungkin perlu waktu untuk berkomunikasi dengan otak kita bahwa kita secara fisik sudah kenyang, tetapi itu tidak berarti bahwa kita tidak bisa makan dessert setelah makan,” tandas Alissa.

Hal ini untuk menghindari, timbulnya perasaan tidak nyaman setelah kenyang yang biasanya banyak dialami setelah menghabiskan makanan penutup.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini