Share

5 Cara Tepat Merawat Rambut Kombinasi, Langsung dari Para Ahli

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 611 2620490 5-cara-tepat-merawat-rambut-kombinasi-langsung-dari-para-ahli-q1M5N2eiR1.JPG Merawat rambut kombinasi (Foto: Freepik)

TIPE kulit kombinasi, kita tentu sering mendengarnya. Tapi kalau tipe rambut kombinasi? Mungkin tak terlalu familiar bagi banyak orang.

Ya, sama halnya seperti kulit, rambut pun bisa dikategorikan sebagai rambut kombinasi. Kombinasi antara berminyak dan kering. Kombinasi ini bisa dipicu berbagai faktor, mulai dari lingkungan, perawatan rambut dengan produk kimiawi, hingga styling sehari-hari.

Kasper Heemskerk dari Balmain Hair Couture menyebut, orang dengan rambut kombinasi biasanya memproduksi minyak berlebih di kulit kepala tapi bagian ujung rambut yang kering dan rapuh.

Lalu bagaimana cara tepat merawat rambut kombinasi ini? Melansir Brydie, Rabu (29/6/2022) berikut lima cara merawat tipe rambut kombinasi, seperti saran dari berbagai ahli.

1. Jangan terlalu sering keramas: Para ahli mengatakan lebih baik untuk tidak mencuci rambut secara berlebihan. Sebab hal ini bisa menyebabkan kulit kepala jadi memproduksi lebih banyak sebum dengan memproduksi minyak secara berlebihan. "Keramas secara berlebihan bisa membuat kulit kepala berminyak dan kering. Jangan keramas lebih dari sekali sehari," saran Anabel Kingsley, trichologist di Philip Kingsley. Jarak keramas pertama dengan keramas kedua, jangan lebih dari tiga hari.

2. Pilih sampo dan kondisioner tepat: Jika kulit kepala berminyak, jauhi produk rambut yang terlalu menghidrasi karena dapat meningkatkan penumpukan. Jika punya kulit kepala kering, hindari sampo dan kondisioner dengan formula berat yang akan melapisi ujungnya dan membuat kulit kepala berminyak. Pilih sampo dan kondisioner dengan formula ringan.

3. Jangan lupa sisiran: Rambut kombinasi biasanya butuh kelembapan dari bagian tengah hingga ujung rambut. Dermatologis Dr. Elyse Love menyarankan untuk mengaplikasikan kondisioner dengan cara menyisir rambut yang basah. Selain itu, perhatikan juga saoal wkatu. Rambut lurus bisa disisir di pagi hari untuk membantu mendistribusikan kembali minyak, tetapi rambut keriting tidak boleh disisir karena ini menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

4. Scrub kulit kepala : Scrub kulit kepala ini berfungsi untuk menenangkan kulit kepala, menghaluskan sel-sel kulit mati, dan mengatasi ketidakseimbangan. Carilah perawatan kulit kepala, misalnya masker kulit kepala yang mengandung asam salisilat eksfoliator, piroctone olamine anti-mikroba, asam hialuronat yang menghidrasi, dan shea butter.

5. Bijak pakai hot tools: Jika memiliki rambut kombinasi, disarankan untuk menggunakan hot tools dengan cermat dan jangan terlalu sering untuk menghindari pengupasan kulit kepala dan ujung rambut. Jangan pakai alat styling rambut yang panas langsung tanpa mengaplikasikan spray pelindung ke rambut. Hindari menggunakan hot tools ini setiap kali setelah mencuci rambut karena keramas setiap hari diikuti dengan styling yang panas, semakin memperburuk rambut kombinasi karena bisa mengeringkan dan melemahkan bagian tengah dan ujung rambut.

BACA JUGA:Punya Rambut Tipis? Begini Cara Perawatan yang Tepat dari Ahlinya

BACA JUGA:5 Transformasi Gaya Rambut Marshanda, dari Gadis Lugu hingga Berani Berubah Tanpa Ragu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini