Share

Podcast Aksi Nyata: Waspada Pakai Aplikasi Kencan Online, Jangan Sampai Jadi Korban!

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 612 2620611 podcast-aksi-nyata-waspada-pakai-aplikasi-kencan-online-jangan-sampai-jadi-korban-lmi3ILeYJJ.JPG Ike Suharjo, (Foto: Tangkapan layar Youtube Partai Perindo)

MARAKNYA aplikasi kencan online saat ini, membuat sebagian masyarakat, khususnya bagi mereka yang masih melajang alias single, banyak yang menggunakan media tersebut untuk mencari pasangan. Baik dijadikan teman seumur hidup, maupun hanya karena rasa penasaran saja.

Ramainya cari jodoh lewat cara online ini, seperti disampaikan Juru Bicara (Jubir) Nasional DPP Partai Perindo, Ike Suharjo mengatakan, bahwa seseorang menggunakan aplikasi online untuk mencari pasangan atau sekadar teman adalah hal yang lumrah, dan sah-sah saja.

"Sebenarnya sah-sah aja, mau mencari kehidupan cinta real atau mencari kehidupan maya. Itu kan pilihan orang," katanya dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Waspada Jebakan Cinta Palsu Melalui Aplikasi Online' di kanal Youtube Partai Perindo, Rabu (29/06/22).

 

(Foto: Tangkapan layar Youtube Partai Perindo)


Pada satu sisi lainnya, dengan maraknya penggunaan aplikasi dating online ini, kata Ike, tak sedikit pula yang memakan korban aksi kriminal.

Misalnya, adanya penipuan dengan si pelaku mengaku berasal dari keluarga berada namun nyatanya tidak dan malah memeras korban.

Selain itu ada pula yang menjadi kejahatan seksual, biasanya dialami oleh perempuan. Mereka terjebak karena adanya buaian, dan mudah memberikan informasi pribadi sehingga membuatnya terjerumus.

Ike memberikan contoh lainnya, yaitu dalam film serial The Tinder Swindler. Di mana menceritakan kisah nyata, terdapat sejumlah wanita yang menjadi korban dari aplikasi kencan tersebut.

"Gila ya, di situ ada eksploitasi seksual dan banyak sekali hal-hal yang berdampak negatif. Jangka panjang orang ini akan mengalami gangguan emosional, stres bahkan depresi," tuturnya.

Maka dari itu, sejatinya aplikasi kencan online ini digunakan dengan lebih hati-hati dan penuh kewaspadaan. Supaya terhindar menjadi korban penipuan hingga kejahatan seksual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini