Share

Jangan Sepelekan Perkembangan Sosial Emosional Anak di Masa Transisi Pasca Pandemi

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 612 2620695 jangan-sepelekan-perkembangan-sosial-emosional-anak-di-masa-transisi-pasca-pandemi-h6UDHZjAGm.JPG Keluarga (Foto: Freepik)

LEBIH dari dua tahun kita mengalami pembatasan fisik dan sosial akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan masalah kesehatan yang mempengaruhi emosi dan mental.

Bukan hanya pada orang dewasa, tapi hal ini juga berdampak terhadap perkembangan pada anak. Lantaran pandemi, anak-anak usia dini kehilangan tingkat interaksi dengan orang lain, termasuk teman sebaya mereka.

Padahal, interaksi sendiri merupakan tonggak penting bagi perkembangan sosial emosional mereka. Memasuki masa transisi ini, banyak orang tua mau pun anak yang mulai memiliki rutinitas baru dan lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sosial, sehingga ini menuntut adanya upaya lebih untuk bisa beradaptasi.

Seperti dikatakan, Spesialis Tumbuh Kembang Anak, Dr dr Bernie Endyarni Medise, SpA (K), MPH aspek sosial emosional sangat penting bagi anak. Hal ini bisa jadi pegangan anak-anak untuk mencapai semua aspek kehidupan dan bersaing di fase selanjutnya, mulai dari remaja hingga lanjut usia.

Jika sulit dan bingung beradaptasi, bisa memicu masalah sosial emosional lainnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Bagi anak-anak, kebingungan menghadapi perubahan ruang dan rutinitas baru saat kembali menjalani kehidupan dan interaksi sosial dapat meningkatkan masalah sosial-emosional yang dampaknya bisa berbeda tergantung dengan usia anak dan dukungan dari lingkungannya,” ungkap dr Bernie dikutip dari siaran pers, Rabu (29/6/2022).

Dokter Bernie menjelaskan, gangguan perkembangan emosi dan sosial itu bisa mempengaruhi terjadinya masalah kesehatan di masa dewasa, seperti gangguan kognitif, depresi, dan potensi penyakit tidak menular.

Faktanya lagi, perkembangan emosi dan sosial berkaitan erat dengan kecerdasan otak dan sistem pencernaan yang sehat. Jangan dianggap sepele, hal-hal ini saling terkait dan berpengaruh signifikan terhadap tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:Viral Kisah Cinta Unik, Perempuan Ini Jatuh Hati ke Pagar

BACA JUGA:6 Momen Kebersamaan Marshanda dan Sienna, Cantik dan Kompak Bak Kakak Beradik

“Agar anak-anak bisa beradaptasi kembali dengan normal, penting untuk memiliki keterampilan sosial-emosional yang memadai, serta memiliki kemampuan berpikir yang baik,” imbuhnya.

Maka dari itu, sebaiknya para orang tua tidak cuek dan memantau perkembangan sosial emosional anak-anaknya.

“Makanya, orang tua perlu memantau perkembangan sosial emosional anak secara berkala serta memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat,” pungkas dr. Bernie

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini