Share

6 Makanan yang Bikin Kulit Lebih Cerah, Sering Konsumsi Yuk!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 23:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 298 2621231 6-makanan-yang-bikin-kulit-lebih-cerah-sering-konsumsi-yuk-Ad9SBJBUlo.jpg Biji bunga matahari (Foto: Healthyfy me)

BANYAK orang ingin memiliki kulit yang lebih cerah dan putih. Bahkan banyak yang juga sampai suntik putih yang mengandung banyak risiko berbahaya.

Nah, Bestie jika ingin kulit lebih cerah tak usah suntik putih. Cukup konsumsi berbagai makanan berikut ini dan melakukan perawatan kulit dengan baik.

Penasaran apa saja makanan yang dapat mencerahkan kulit? Simak yuk.

 kiwi

1. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menjaga kulit dari serangan radikal bebas.

Selain enak dimakan langsung, kiwi juga cocok dijadikan taburan (topping) di atas berbagai kudapan, misalnya yoghurt rendah lemak. Jadikan yoghurt kiwi sebagai salah satu makanan yang membuat kulit tampak putih dalam diet sehari-hari.

2. Biji Bunga Matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian baik unutk menjaga kesehatan kulit, termasuk biji bunga matahari. Satu ons bunga matahari mengandung vitamin E untuk memenuhi 49 persen asupan yang direkomendasikan harian. Selain itu, makanan yang dapat mencerahkan kulit tersebut juga kaya akan selenium, zinc, dan protein, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Ubi

Tak disangka-sangka, ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potassium dan serat yang tinggi. Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yakni salah satu vitamin penting untuk kecantikan kulit. Anda bisa merebus dan memanggang ubi, atau mencampurkan potongan ubi matang ke dalam semangkuk salad.

4. Alpukat

Siapa yang meragukan alpukat sebagai makanan untuk mencerahkan kulit? Alpukat kaya akan vitamin E, yaitu jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Sekitar 1/2 buah alpukat menyediakan 14 persen kebutuhan harian vitamin E Anda. Kandungan vitamin C dari alpukat juga sangat tinggi, yaitu mencapai 11 persen dari kebutuhan harian.

5. Paprika

Paprika juga tergolong sebagai makanan untuk mencerahkan kulit. Paprika kaya akan beta-karoten. Selain itu, paprika juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga agar kulit Anda tetap kenyal, kuat, dan cerah, sehingga tampak lebih putih.

 BACA JUGA: 5 Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin, Sering Konsumsi Yuk!

6. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah zink, vitamin A, dan vitamin C. Makan brokoli secara rutin dan dalam porsi secukupnya dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah dan terlihat lebih putih.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini