Share

Ada Bahasa Indonesia di Fitur Terjemahan Khutbah Haji Tahun Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 612 2621419 ada-bahasa-indonesia-di-fitur-terjemahan-khutbah-haji-tahun-ini-w7w2v61L5J.JPG Jamaah haji asal Indonesia (Foto: Kemenag)

IBADAH Haji tahun ini tampaknya semakin nyaman bagi para jamaah asal Indonesia. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi mengumumkan pada ibadah haji 2022, mereka menyediakan 14 bahasa terjemahan yang akan membantu jamaah haji lebih khusyu menjalani ibadah.

Hal ini disampaikan langsung Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci (Haramain) yang dipimpin Syekh Abdul Rahman Al-Sudais. Ia menyebutkan spesial di 2022, pemerintah Arab Saudi menyediakan 14 bahasa yang akan mempermudah jamaah haji memahami khutbah.

"Di tahun 2022 ini, kami menyediakan 14 bahasa terjemahan yang bisa dipakai jamaah haji untuk mendengar lebih jelas khotbah," terangnya dalam gelaran webinar, Kamis (30/6/2022).

Keempat belas bahasa terjemahan itu bukan hanya Inggris, Prancis, Persia, Urdu, Malawi, China, Turki, Spanyol, Melayu dan Rusia, tetapi juga pastinya ada Bahasa Indonesia dihadirkan.

BACA JUGA:Viral Kisah Pria Riau Pacaran dengan Wanita Jepang, Kencan di Pasar Senen dan Makan Nasi Padang

BACA JUGA:4 Trik Simpel Buat Rumah Mirip Hotel Mewah

Dengan adanya bahasa terjemahan yang disediakan ini, diharapkan jamaah haji bisa lebih paham makna dari yang disampaikan imam masjid. Bahasa terjemahan ini bisa dinikmati oleh jamaah haji baik itu dari Madinah sampai ke Mekkah.

"Kami sangat berharap, fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh jamaah haji, sehingga pemanfaatan layanan ini bisa maksimal untuk umat," ungkap Syekh Al-Sudais.

Fasilitas terjemah bahasa ini dihadirkan dengan melibatkan ahli bahasa berkredibilitas tinggi, hanya penerjemah bahasa yang memenuhi segudang syarat dan terseleksi dengan sangat ketat.

Dengan begitu, apa yang diterjemahkan oleh penerjemah dipastikan tidak melenceng dari apa yang disampaikan imam saat khutbah.

"Semoga layanan penerjemah bahasa ini bisa menjangkau semua jamaah haji sehingga semuanya bisa beribadah lebih baik lagi tanpa ada masalah dalam bahasa," tutup Syekh Al-Sudais.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini