Share

Mengenal 5 Koleksi Batik Tjahjo Kumolo yang Punya Makna Kehidupan Mendalam

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 194 2622030 mengenal-5-koleksi-batik-tjahjo-kumolo-yang-punya-makna-kehidupan-mendalam-uPoldm8Ee5.jpg MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. (Foto: iNews)

MENTERI PAN-RB Tjahjo Kumolo hari ini meninggal karena infeksi pada paru-paru. Sang menteri dikenal sangat hangat dan kalau kita lihat di media sosial, dia cukup sering mengenakan batik di acara-acara penting.

Ya, almarhum Tjahjo Kumolo punya ketertarikan tersendiri akan batik. Kecintaannya pada wastra Nusantara tersebut ditunjukkan dengan sering mengenakan batik di berbagai acara.

Nah, MNC Portal coba merangkum 5 koleksi batik Tjahjo Kumolo yang ternyata punya filosofi kehidupan mendalam. Penasaran?

Batik motif Wirasat

Tjahjo Kumolo

Batik coklat klasik bermotif Wirasat ini dikenakan Tjahjo Kumolo saat memberikan arahan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk terlibat aktif dalam penanganan Covid-19. Meski warna dan motif terkesan tua, tapi gayanya tetap terlihat muda karena kemejanya ini berlengan pendek.

Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Agnes Dwina Herdiasti, bahkan menjelaskan bahwa motif Wirasat yang ada di batik Tjahjo Kumolo ini gabungan motif Sidomukti dan Truntum.

Kata Agnes, motif seperti ini biasanya dikenakan orangtua pengantin di acara pernikahan, karena ada unsur Truntum tang berkarakter 'sepuh'.

"Jadi, motif Wirasat itu adalah perlambang atau ilham dari Yang Kuasa bermakna memberi petuah dari sepuh kepada generasi penerusnya supaya kelak beroleh sukses dan kemuliaan dalam hidup," kata Agnes pada MNC Portal, Jumat (1/7/2022).

Itu juga yang mungkin mengilhami Tjahjo Kumolo mengenakan batik jenis itu saat memberikan arahan pada ASN. Agar ASN bisa memperoleh kemuliaan dalam hidup, terkhusus pesan yang disampaikan adalah upaya bersama mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Batik motif Udan Liris

Tjahjo Kumolo

Ini adalah momen saat Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi penghargaan kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus sebagai pembina pelayanan publik terbaik tingkat Nasional.

Di momen ini, Tjahjo Kumolo menurut Agnes mengenakan kemeja batik lengan panjang dengan motif udan liris. Motif tersebut punya filosofi kehidupan yang amat mendalam.

"Motif udan liris itu maknanya menjadi manusia yang memberi kesejukan di manapun ia berada. Tak hanya itu, motif ini juga bermakna fleksibel dan mampu menjadikan hal yang dianggap kurang menjadi bernilai lebih," papar Agnes.

Batik motif Truntum Kuncoro

Tjahjo Kumolo

Di momen ini, Tjahjo Kumolo mengenakan batik bernuansa coklat dengan detail kecil-kecil memenuhi keseluruhan body kemeja. Motif batik yang ada di kemeja ini menurut Agnes bernama Truntum Kuncoro.

Motif Truntum, kata Agnes, merupakan stilisasi bentuk bunga tunjung sekaligus bintang. "Bunga tunjung yang kecil-kecil memiliki khasiat obat. Jadi, dapat diartikan menjadi simbol pelipur lara," ungkapnya.

Sementara itu, bintang-bintang merupakan harapan dan petunjuk dari Yang Maha Kuasa dalam menghadapi persoalan hidup. "Motif Truntum sendiri bisa berarti juga kasih sayang yang selalu bersemi," tambahnya.

"Sementara itu, aksen motif Sri Kuncoro merupakan doa agar selalu rendah hati dan kuat saat kemasyuran datang," terang Agnes.

Batik motif Limaran

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo di momen pertemuannya dengan Rachel Maryam ini mengenakan batik bermotif Limaran. Limar sendiri kata Agnes punya arti tenun dan di zaman dulu kain limar sangat tinggi nilainya karena terbuat dari sutra murni dan sangat sulit teknik pengerjaannya.

"Motif batik Limaran bermakna kesederhanaan yang menyimpan banyak pengetahuan dan membawa berkah," kata Agnes.

Batik motif Lereng

Tjahjo Kumolo

Nah, koleksi batik kelima Tjahjo Kumolo adalah motif Lereng. Motif tersebut berupa garis-garis diagonal dengan isian motif yang silih berganti.

"Lereng mengambil inspirasi dari kemiringan bukit, tempat yang identik dengan tempat para satria utama di masa lalu bertapa brata untuk memperoleh kaweruh atau ilmu," papar Agnes.

Nah, makna motif Lereng sendiri adalah menjadi simbol manusia utama yang ilmunya siap didarmabaktikan kepada sesama. Isian motifnya yang ada di kemeja Tjahjo Kumolo ini kata Agnes mengambil objek-objek dari motif Semen (Triloka) diselingi bunga-bungaan.

So, itu dia 5 koleksi batik Tjahjo Kumolo. Wah, ternyata makna di balik motif batik yang dikenakan punya filosofi mendalam dan entah kenapa selalu pas momennya. Menarik sekali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini