Share

6 Langkah Cara Memakai Skincare yang Benar untuk Hasil Maksimal

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 611 2622100 6-langkah-cara-memakai-skincare-yang-benar-untuk-hasil-maksimal-Hvu3XyMkjk.jpg Cara memakai skincare (Foto: Sheknows)

CARA memakai skincare yang benar penting untuk Anda ketahui dalam perawatan kulit. Kuncinya adalah memulai dan konsistensi untuk hasil perawatan yang maksimal. 

Anda hanya memerlukan pengetahuan tentang produk-produk perawatan kulit yang dasar atau basic skincare. Untuk permulaan, Anda tidak perlu menggunakan berlayer-layer skincare seperti 8-10 tahap.

Anda hanya memerlukan 4-6 tahap skincare untuk pagi dan malam hari. Nah, lantas bagaimana cara memakai skincare yang benar? Berikut langkah-langkahnya, seperti dirangkum dari Cosmopolitan.

Skincare

Cleanser

Untuk memulai cara memakai skincare yang benar, Anda perlu membuat kulit Anda bersih. Kulit yang bersih membuat produk-produk skincare lainnya mudah masuk dan terserap ke dalam kulit. Bila Anda menggunakan riasan atau melakukan aktivitas seharian di malam hari, lakukanlah metode double cleansing. Pada pembersihan pertama, gunakanlah pembersih wajah berbahan oil untuk memudahkan semua kotoran luntur.

Kemudian, lanjutkan dengan pembersih kedua menggunakan facia wash seperti sabun wajah. Pastikan Anda mengetahii facial wash yang cocok untuk wajah Anda agar kulit tidak kering. Untuk membersihkan wajah di pagi hari, Anda hanya memerlukan satu langkah saja.

BACA JUGA : 5 Keunggulan Jojoba Oil untuk Perawatan Kulit

Toner

Cara memakai skincare yang benar di urutan selanjutnya adalah penggunaan toner. Pilihlah toner dengan bahan-bahan yang lembut dan menghidrasi untuk memanjakan kulit kering. Anda juga bisa menggunakan toner yanh berfungsi untuk pengelupasan yang bisa mengobati jerawat dan bruntusan.

Bila Anda menggunakan toner yang fungsinya untuk pengelupasan, sebaiknya gunakan pula toner yang melembabkan atau hydrating toner. Untuk penggunaan toner yang fungsinya untuk pengelupasa, sebaiknya dipaki di malam hari. Kemudian bila hydrating toner bisa dipakai pagi dan malam hari.

BACA JUGA : Tiga Skincare Dasar untuk Remaja, Wajah Sehat dan Terawat Sejak Dini

Serum

Langkah berikutnya yakni serum. Serum pada dasarnya merupakan suntikan nutrisi, hidrator, dan antioksidan yang sangat terkonsentrasi dan benar-benar dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Anda bisa memilih serum sesuai kondisi kulit Anda. Misalnya untuk mencerahkan, Anda bisa menggunakan vitamin C, niacinamide, hingga retinol sebagai anti-aging. Bila Anda mempunyai masalah kulit kering, Anda sebaiknya memilih serum yanh mengandung hyaluronic acid.

Eye cream

Eye cream atau krim mata cenderung lebih ringan dan lebih tipis daripada pelembab wajah, jadi pastikan untuk mengoleskannya sebelum mengoleskan krim dan oil. Aturan praktis saat mengaplikasikan perawatan kulit adalah mengaplikasikan yang paling ringan terlebih dahulu dan yang terberat terakhir. Bila Anda tak terlalu membutuhkan krim mata, Anda bisa melewati langkah ini.

Moisturizer

Moisturizer atau pelembab adalah kunci paling penting dalam pengaplikasian skincare. Cara memakai skincare yang benar adalah dengan menutup semua rangkaiannya menggunakan moisturizer.

Carilah pelembap berbahan dasar hialuronat yang ringan dan lembut untuk pagi hari, yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa terasa berat. Kemudian di malam hari, pakailah pelembab atau moisturizer yang lebih creamy dan rich untuk menjaga kulit Anda tetap lembab sepanjang malam.

Sunscreen dan tambahan lainnya

Terakhir yakni sunscreen. Produk yang satu ini penting dan harus digunakan di pagi hari. Sunscreen atau tabir surya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Anda bahkan perlu re-apply sunscreen agar perlindungan kulit terhadap matahari semakin maksimal.

Anda juga bisa menambah produk perawatan kulit Anda dengan rangkaian seperti essence untuk melembabkan hingga face oil yang biasanya berfungsi untuk membuat kulit lebih glowing dan awet muda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini