Share

6 Tips Olah Daging Kambing Kurban agar Tidak Bau Prengus dan Alot

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 298 2622462 6-tips-olah-daging-kambing-kurban-agar-tidak-bau-prengus-dan-alot-Js6kLtgRdI.jpg Tips Olah Daging Kambing Kurban agar Tidak Bau Prengus (Foto Ilustrasi: Ndtv)

SAAT merayakan Idul Adha, biasanya orang-orang di Indonesia akan membuat hidangan sate dari daging kurban. Salah satu yang menjadi favorit sate kambing.

Namun, banyak yang kesulitan memasak daging kambing karena bau prengus yang sering tercium. Jangan khawatir, karena ada cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus.

Berikut ini dikutip dari akun Instagram @tipsdapur akan membagikan tips mengolah daging kambing tanpa meninggalkan bau prengus dan tidak alot setiap menggigitnya.

1. Pilih daging yang masih segar

Daging Kambing

Ketika membeli daging kambing pastikan daging tersebut masih segar, berwarna merah, dan lengket jika dipegang.

BACA JUGA : Idul Adha Bakar Sate, Begini Cara Hilangkan Bau Asap pada Baju ala Didiet Maulana

2. Buang Lemak / Gajih

Saat akan melakukan proses memasak, pastikan lemak atau gajih diiris dan dibuang terlebih dahulu, sebab sebagian besar bau yang menyengat dari daging kambing berasal dari lemak tersebut.

BACA JUGA : 5 Tips Cegah Asam Urat Usai Menyantap Daging Hewan Kurban

3. Hindari Mencuci Daging

Jika pada daging lain harus dicuci dahulu sebelum mengolahnya, ini tidak terjadi pada daging kambing. Justru daging kambing tak perlu dicuci, karena tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma tak sedapnya akan semakin merebak. Sebaiknya langsung saja rebus daging dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan daging, lalu olah daging seperti biasa.

4. Rebus Daging dengan Rempah-rempah

Jika memang kamu tetap ingin mencuci daging lebih dahulu dengan tujuan membersihkannya dari bakteri, maka rebus daging yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah, seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi, guna menghilangkan bau tak sedap.

5. Taburi Garam / Jeruk Nipis

Daging Kambing

Agar menetralisir aroma amis yang ditimbulkan dari daging sebaiknya beri sedikit garam di seluruh daging. Selain itu, lumuri daging dengan menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan membuat daging jadi lebih empuk, serta membunuh bakteri dan kuman.

6. Bungkus dengan Daun Pepaya

Usai proses netralisir daging, pastikan bungkus daging kambing dengan daun pepaya karena enzim yang keluar dari daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini