Share

Awas Penipuan Berkedok Online Shop di Instagram, Ini Tips Supaya Tak Jadi Korban

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 612 2622723 awas-penipuan-berkedok-online-shop-di-instagram-ini-tips-supaya-tak-jadi-korban-fWw4jx2Fsb.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

PENIPUAN berkedok online shop (olshop) semakin merajalela di media sosial Instagram. Dengan iming-iming harga murah, para pelaku penipuan terus berupaya menggaet banyak korban.

Bagi sebagian orang, sulit untuk bisa membedakan mana olshop yang asli dan mana yang palsu. Tidak heran, setiap harinya pasti ada saja masyarakat yang menjadi korban penipuan dari olshop. Tidak sedikit dari korban yang merugi dengan jumlah besar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan masyarakat agar lebih waspada, dan bisa melakukan langkah pencegahan agar tak menjadi korban penipuan olshop, dengan bisa menghindari olshop palsu. Berikut ulasan singkat tips agar terhindar dari penipuan berkedok akun olshop seperti dilansir dari akun Instagram Kominfo, Minggu (3/7/2022).

1.Cek kolom komentar: Jika kolom komentarnya dinonaktifkan berarti ada sesuatu yang ditutup-tutupi oleh akun tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Cek informasi akun: Bisa kunjungi profil akun olshop lalu klik “Tentang Akun” atau “About This Account” kemudian pilih “Nama Sebelumnya” atau “Former Usernames”. Jika akun olshop sering berganti nama, maka hal ini jadi sinyal yang wajib dicurigai.

3. Cek harga: Jangan langsung tergiur harga murah yang tidak masuk akal. Bisa jadi barang yang dijual ‘gaib’ alias tipu-tipu.

4. Cek followers: Hati-hati, akun olshop dengan followers banyak bukanlah sebuah jaminan akun tersebut sudah pasti asli. Sebab, jaman sekarang bisa jadi followersnya banyak yang palsu. Jadi pikir-pikir dulu sebelum membeli dari suatu olshop.

BACA JUGA:10 Tips Menghindari Mom Shaming, Tak Selalu di Sosmed Loh

BACA JUGA:5 Tips Move On dari Gebetan yang Cuek, Salah Satunya Berhenti Berharap!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini