Share

Menu Sarapan Rumahan yang Sehat dan Sederhana ala Ade Rai

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 298 2623294 menu-sarapan-rumahan-yang-sehat-dan-sederhana-ala-ade-rai-2bRPMyAjzu.JPG Sarapan sehat Ade Rai (Foto: Youtube Dunia Ade Rai)

SARAPAN di pagi hari merupakan salah satu waktu makan yang paling krusial bagi tubuh. Sebab, makanan yang disantap saat sarapan inilah yang menjadi makanan pertama yang masuk ke tubuh, setelah tubuh berpuasa (kosong) selama waktu tidur malam.

Maka dari itu, jangan asal pilih menu sarapan sembarangan hanya karena lapar. Pastikan untuk memulai hari, sajian sarapan sebagai makanan pertama yang disantap adalah makanan sehat dan bergizi.

Nah, jangan salah! Makanan sehat itu ternyata tidak lah mahal dan sulit. Contohnya seperti sarapan sehat ala binaragawan senior dan fitness enterpreneur, Ade Rai satu ini. Dikenal menjalani gaya hidup sangat sehat selama puluhan tahun, menu sarapan di pagi hari Ade Rai ternyata super sederhana tapi sehat.

Terungkap, setelah bangun tidur makanan pertama yang ia santap sebagai sarapan adalah karbohidrat dan protein.

“Sarapan tiap pagi, setelah bangun itu mmakanan pertama biasanya saya makan karbo yang glukemiknya rendah yakni nasi merah bersama putih telur (rebus),” ujar Ade Rai, dikutip dari kanal Youtube Dunia Ade Rai, Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA: Chef Arnold Poernomo: Menu Nusantara Tidak Lepas dari Sambal

BACA JUGA:Tak Layak, Menu Sarapan Penumpang First Class Maskapai Penerbangan Ini Bikin Netizen Syok

Ade Rai menyebut, bagi yang ingin menurunkan berat badan, menu satu ini bisa disontek sebagai asupan setiap pagi. Namun dengan catatan, tidak menyertakan nasi sebagai karbohidrat.

“Enggak mau nasinya boleh telur dengan kuningnya saja, dengan seperti itu kalau enggak pakai karbohidrat gula darah kita enggak naik. Gula darah kita naik kalau kita masukin karbohidrat,” imbuhnya.

Pemakaian telur rebus sebagai menu sarapannya, Ade Rai biasanya menggunakan perhitungan rasio 1:3, jika putih telurnya tiga maka kuning telurnya cukup satu saja. Jika bosan dengan telur rebus, telur boleh juga diolah dengan cara memasak yang lain, misalnya dibuat sup.

“Enggak melulu harus telur rebus, telurnya bisa dijadikan sup. Kalau saya, bumbunya lada saja,” kata Ade Rai lagi.

Sebagai pelengkap, Ade Rai menyebut ia hanya tinggal menambahkan kecap manis sebagai perasa. Namun kecap manis ini, boleh dipakai dengan catatan bagi orang yang kadar lemaknya rendah.

“Saya kadang-kadang cheating, pakai kecap manis. Ini kalau kayak saya yang tubuhnya kadar lemaknya sudah rendah, boleh. Diganti dengan madu juga boleh. Menu seperti ini bisa buat makan seharian, 2 sampai 3 kali. Tinggal ditambah sayuran dan buah saja, sederhana sebetulnya mau sehat. Sulitnya itu motivasi,” tutup Ade Rai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini