Share

Anya dan Raisa Aja Main, Ini Loh 15 Manfaat Badminton bagi Kesehatan

Tim Okezone, Okezone · Senin 04 Juli 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 612 2623281 anya-dan-raisa-aja-main-ini-loh-15-manfaat-badminton-bagi-kesehatan-Lgm0FpSxR6.jpg Anya Geraldine dan Raisa Andriana. (Foto: Youtube)

EVENT pertandingan Badminton Tepok Bulu yang diadakan oleh Vincent dan Desta memang menjadi pembicaraan para netizen. Pertandingan bulutangkis antara Vincent Rompies dan Valentino Simanjuntak memang cukup menyita perhatian.

Apalagi, event tersebut juga menggelar pertandingan antara Anya Geraldine/Raisa Andriana melawan Hesti Purwadinata/Erika Carlina. Tidak heran jika event yang digelar di Mahaka Square Kelapa Gading itu pun menjadi perbincangan setelah usai.

Nah, terlepas entertaiment yang disajikan oleh mereka, bermain mantion memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Apalagi, olahraga badminton semakin digemari, termasuk di Tanah Air.

Ya, badminton memang menjadi salah satu olahraga yang punya banyak penggemar di Indonesia. Olahraga ini pun memiliki 15 manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari beberbagai sumber.

Raisa dan Anya

Sarana Bersosialisasi

Terakhir, badminton juga bisa menjadi sarana bersosialisasi. Sebab, olahraga ini tak bisa dimainkan oleh satu orang saja. Dengan begitu, setiap pemain bisa mengembangkan pergaulannya.

Melatih Fungsi Otak

Badminton diketahui membutuhkan strategi. Koordinasi gerak, perhatian mata, dan tangan membutuhkan kinerja otak yang baik. Karena itu, olahraga ini bisa melatih fungsi otak.

Mencegah Obesitas

Badminton juga bisa menangkal risiko obesitas. Sebab, olahraga ini mereduksi kolesterol berlebihan dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Meningkatkan Stamina dan Kebugaran Tubuh

Olahraga badminton juga bisa meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Sebab, olahraga ini mirip latihan aerobic.

Menjaga Konsentrasi

Permainan badminton juga bisa menjaga konsentrasi. Sebab, olahraga ini sendiri tak hanya menuntut fisik, tetapi juga konsentrasi penuh dari pemainnya.

Meningkatkan Kekuatan Kaki

Salah satu manfaat yang dimiliki dari olahraga badminton adalah meningkatkan kekuatan kaki. Hal ini tentunya terjadi karena permainan badminton akan menuntut pemainnya untuk aktif bergerak ke kiri, kanan, belakang, dan depan.

Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat selanjutnya adalah menjaga kepadatan tulang. Hal ini terjadi karena badminton mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang kita.

Baik untuk Penderita Hipertensi

Selanjutnya, olahraga ini juga bagus untuk penderita hipertensi. Sebab, badminton bisa meningkatkan sirkulasi secara normal dan menyehatkan pembuluh darah.

Tepok Bulu

Mencegah Kanker

Manfaat lain dari olahraga badminton aadalah mencegah kanker. Secara khusus, olahraga ini mencegah kanker usus besar dan kanker payudara.

Mencegah Sakit Jantung

Tak hanya kanker, olahraga ini juga bisa mencegah penyakit jantung. Sebab, olahraga ini memperkuat otot-otot jantung serta meningkatkan denyut jantung normal dan membuat detaknya lebih teratur.

Menurunkan Berat Badan

Badminton juga bisa menurunkan berat badan Sebab, ada banyak kalori yang terbakar saat seseorang bermain badminton. Jumlah kalori yang terbakar akan bergantung pada durasi dan bobot tubuh setiap orang.

Postur Tubuh Ideal

Olahraga ini juga bisa membantu seseorang memiliki postur tubuh yang ideal. Sebab, olahraga badminton memadupadankan banyak gerakan, mulai dari berlari hingga melompat. Hal ini bisa membuat otot kaki mengendur dan mengencang sepenuhnya dan menggunakan jaringan otot dalam sepenuhnya.

Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Badminton juga dinilai bisa meningkatkan kualitas tidur. Efeknya juga terdapat dalam efisiensi melakukan kegiatan sehari-hari.

Menghilangkan Stres

Permainan badminton juga mampu menimbulkan perasaan nyaman dalam diri. Olahraga ini bisa mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

Rasa Percaya Diri

Permainan badminton juga bisa menambah rasa percaya diri. Sebab, otak menjadi lebih segar. Kondisi inilah yang bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini