Share

5 Tips Atasi Anak Tantrum ala Caca Tengker, Kenali Dulu Gejalanya

Syifa Fauziah, Okezone · Senin 04 Juli 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 612 2623312 5-tips-atasi-anak-tantrum-ala-caca-tengker-kenali-dulu-gejalanya-4gDVoqHugJ.JPG anak tantrum (Foto: Freepik)

MEMILIKI anak merupakan impian setiap orang tua, tapi memang yang namanya mengurus anak bukanlah tugas yang mudah. Mengingat, setiap anak memiliki karakter yang berbeda.

Apalagi yang namanya anak-anak, biasanya tidak terhindar dari yang namanya tantrum, sehingga membuat banyak orang tua kewalahan.

Lalu bagaimana tips tepat dalam menghadapi anak yang sedang tantrum? Berikut ulasan lima tipsnya, seperti disampaikan psikolog keluarga dari Tentang Anak, Marsha Tengker, M. Psi, seperti dikutip dari Instagram Caca Tengker, Senin (4/7/2022).

1. Kenali gejala: Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mengenali gejalanya dulu. cek dulu anak itu lagi tantrum sebagai gejala dari apa nih? H, A, L, atau T," ujar Caca. H itu adalah Hungry jadi anak tantrum bisa juga karena sedang hungry atau lapar. Lalu A atau Angry, bisa dilihat juga apakah anak Anda sedang marah karena sesuatu. Kemudian L untuk Lonely, anak tantrum disebabkan karena kesepian, dan yang terakhir T atau Tired, anak sedang merasa lelah.

2. Pindahkan anak ke tempat aman: Setelah tahu penyebabnya, orang tua jadi lebih bisa memahami perasaan yang dialami anak. Kita bisa coba taruh anak di tempat yang aman dan pastikan tak ada yang membahayakan dan menyakiti anak.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

3. Temani anak: Ketika anak sudah berada di tempat yang aman, orang tua perlu menemani. Sebab di momen itu, perasaan anak jauh lebih besar daripada yang bisa dia wadahi untuk dirinya sendiri. Orang tua di sini menjadi wadah perasaan anak, sebab anak sedang merasa takut karena dia belum terbiasa mengendalikan perasaannya itu.

4. Validasi perasaan anak: Caca menambahkan, ketika orang tua menemani, bisa juga memvalidasi perasaan si anak. Namun harus diingat lagi, bagaimana karakter anak. Sebab ada tipe anak yang divalidasi justru jadi kesal dan marah, ada juga yang justru mengerti dan tenang.

5. Bersikap tenang: Orang tua, disebut Caca harus bersikap tenang saat di situasi seperti ini. โ€œYang terpenting kita sebagai orang tua tetap tenang dan tetap menemani anak di masa tersulitnya sampai perasaan itu selesai. Jadi biarkan anak merasakan perasaannya yang sulit, karena anak juga perlu belajar bahwa perasaan itu hanya perasaan saja dan itu akan lewat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini