Share

Jabodetabek PPKM Level 2, Ini Durasi dan Kapasitas Operasional Pasar dan Supermarket

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 612 2624095 jabodetabek-ppkm-level-2-ini-durasi-dan-kapasitas-operasional-pasar-dan-supermarket-LEz1mImOkz.JPG Supermarket (Foto: Freepik)

PEMERINTAH baru saja memutuskan jika Provinsi DKI Jakarta kini berada di bawah penerapan aturan PPKM level 2. Namun tidak hanya Jakarta, wilayah penyangga sekelilingnya juga bernasib sama, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga ditetapkan PPKM level 2.

Kenakan level PPKM ini salah satunya diakibatkan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di wilayah-wilayah tersebut, yang mana peningkatan kasus ini diketahui didominasi oleh kehadiran subvarian BA.4 dan BA.5.

"PPKM di beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan lagi levelnya ke level 2, yaitu DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi," ungkap Ditjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri Safrizal Za, dikutip dalam keterangan resmi, Selasa (5/7/2022).

Mengingat level PPKM naik ke level 2, sudah pasti ada perubahan aturan dan pengetatan lagi pada aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat.

Salah satunya adalah aktivitas di supermarket atau pasar tradisional, yang mulai hari ini, Selasa 5 Juli 2022 sudah dibatasi jam operasionalnya hanya sampai 22.00 waktu setempat dan hanya dengan kapasitas pengunjung 75 persen. Alias tidak boleh lagi full seluruhnya sampai 100 persen dari total daya tampung lokasi.

Begitu juga dengan aturan makan di restoran,diberlakukannya PPKM level 2 di Jabodetabek, memang pengunjung tetap boleh dine-in alias makan di tempat, tapi jumlah pengunjung tempat makan tersebut maksimal 75 persen dari total kapasitas.

Tidak hanya itu, waktu makan per pengunjung juga dibatasi hanya satu jam saja.

“Waktu makan maksimal 60 menit yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah," terang aturan yang tertuang di putusan Kemendagri tersebut.

Penerapan PPKM level 2 ini bisa dikecualikan untuk apotek atau toko obat yang misalnya berada di pasar atau pusat perbelanjaan, jenis usaha seperti ini bisa buka selama 24 jam.

BACA JUGA:Aturan Masuk Kantor Berubah karena Jakarta PPKM Level 2, Karyawan Wajib Baca!

BACA JUGA:Annisa Trihapsari Ajarkan Anak Punya Tabungan Kurban Sejak Kecil

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini