Share

Kisah Selebgram Karin yang Punya Fobia Thalassophobia Tapi Terpikat Indahnya Bawah Laut

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 612 2624254 kisah-selebgram-karin-yang-punya-fobia-thalassophobia-tapi-terpikat-indahnya-bawah-laut-epGxzimsEV.jpg Karin. (Foto: Instagram)

PUNYA rasa takut berlebih pada kedalaman laut? Ada rasa gelisah yang menghampiri setiap kali menyelam di laut? Mungkin Anda mengalami fobia thalassophobia. 

Thalassophobia sendiri merupakan ketakutan yang kuat dan terus menerus terhadap laut. Ketakutan akan laut ini bisa memicu seseorang mengalami kepanikan. 

Tapi, apa jadinya kalau seseorang yang punya fobia thalassophobia tapi malah terpikat dengan indahnya bawah laut? Begitulah yang terjadi dengan Karin atau @kfiorentina, influencer healthy lifestyle. 

Karin mengaku bahwa dirinya pada awalnya sangat takut pada laut, tapi sekarang dia malah menikmati bawah laut yang teramat indah.

"Dari thalassophobia hingga jadi pencinta bawah air. Apakah saya masih memiliki fobia? Iya, saya masih kerap mendapat serangan panik, tetapi itu dapat dikelola," terangnya di keterangan unggahan Instagram, dikutip MNC Portal, Selasa (5/7/2022). 

Karina

Karin mengaku, hingga sekarang dia masih suka menangis saat menyelam ke bawah laut. Ada rasa takut menghampiri dirinya setiap kali menyelam makin dalam ke bawah laut. Ia pun mengaku pernah alami stres bawah air. 

"Setiap kali fobia saya muncul, saya akan mencoba untuk tenang sebanyak yang saya bisa. Saya alihkan pikiran saya dengan bernyanyi atau hanya menyendiri, tidak terlalu dekat dengan apapun atau siapapun," ungkapnya. 

Ya, menurut Karin, setiap kali ada kehadiran orang lain di dekatnya, itu malah memperburuk situasi. "Apalagi kalau mereka tahu apa yang saya punya ini (thalassophobia)," singkat dia. 

Karin tak menampik bahwa rasa takut itu selalu ada di dalam dirinya setiap kali terjun ke bawah laut. Bukan hal yang mudah untuk berkomunikasi di bawah air. Tapi, pikiran bisa dikendalikan dengan mengelolanya. 

"Jangan biarkan rasa takut membatasimu untuk menjalani hidup," tambahnya. 

Di kesempatan itu juga Karin menjelaskan tips menyelam bagi Anda yang punya fobia laut sama seperti dirinya. Apa tipsnya?

"Tips bagi Anda yang mau mencoba menyelam tapi punya fobia adalah menyelam dengan orang-orang yang membuat Anda nyaman. Pergilah dengan orang-orang dan tim profesional yang pastinya mereka akan menjaga Anda," kata Karin. 

Selain itu, Karin pun berpesan untuk coba hilangkan atau minimalkan memori yang malah membuat Anda semakin stres saat rasa takut muncul di dalam laut. Ini penting dan semua sangat tergantung pada pikiran Anda sendiri. 

"Hal pertama dan satu-satunya yang perlu Anda kelola adalah perasaan Anda, ketakutan Anda, dan fobia Anda. Ingat, jangan terlalu khawatir akan banyak hal di satu waktu. Let's go diving!" tambah Karin. 

So, bagaimana nih menurut Anda kisah Karin yang berjuang melawan rasa takutnya, tapi di sisi lain dia teramat cinta akan bawah laut? Punya pengalaman yang sama dengan Karin?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini