Share

Bolehkah Daging Unggas dan Ikan Dicuci Sebelum Dimasak?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 298 2624777 bolehkah-daging-unggas-dan-ikan-dicuci-sebelum-dimasak-kwbOdTZLe3.JPG Daging sapi mentah, (Foto: Freepik)

DAGING, termasuk unggas seperti sapi, kambing dan ayam serta ikan adalah pilihan makanan wajib dari banyak orang sehari-hari.

Selain bermanfaat karena hadir sebagai sumber protein, zat besi, vitamin B12, dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik. Di satu sisi, daging, termasuk unggas dan ikan, sering membawa patogen berbahaya, baik bakteri maupun virus yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Dalam cara pengolahannya, tak ditampik masih sering ditemui daging pasti dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Cara ini diyakini sebagai salah satu praktik masak dengan bersih.

Padahal, tahukah Anda kalau ini ternyata adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat memasak daging.

Ya, mencuci daging unggas mentah, seperti sapi, domba, kambing, ayam sebelum dimasak itu tidak dianjurkan. Sebab hal ini bisa membuat bakteri dalam daging mentah dan unggas bisa menyebar ke makanan, peralatan, dan permukaan lain alias terjadinya kontaminasi silang, mengutip laman resmi Food Safety and Inspection Service, Kementerian Pertanian USA, Rabu (6/7/2022).

Sistem keamanan pangan yang sudah modern, membuat kita tidak lagi perlu mencuci daging sebelum dimasak. Daging dan unggas dibersihkan selama pemrosesan, jadi tidak perlu dicuci lebih lanjut.

BACA JUGA:Ide Masakan Idul Adha, Resep Tetelan Bumbu Kecap dari Daging Kurban

BACA JUGA:Ini 3 Jenis Daging yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Batasi Konsumsinya!

(rpa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini