Share

5 Cara Mencegah Jerawat yang Timbul karena Berolahraga

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 611 2624832 5-cara-mencegah-jerawat-yang-timbul-karena-berolahraga-dsYJAGUUhF.JPG Workout (Foto: Freepik)

OLAHRAGA tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental, tapi juga termasuk untuk kulit, karena peningkatan aliran darah membawa nutrisi bergizi untuk kulit.

Namun, di sisi lain jerawat terkait olahraga adalah masalah yang dialami banyak orang. Jerawat ini muncul karena meningkatnya keringat dan kotoran yang menyumbat pori-pori, yang dapat bisa kulit bereaksi dalam bentuk jerawat yang tidak diinginkan. Baik itu di wajah atau di kulit tubuh.

Jerawat seperti ini bisa dicegah dengan cara yang tepat. Bagaimana cara mencegahnya? Merangkum Byrdie, Rabu (6/7/2022) berikut lima cara mencegah jerawat yang timbul karena berolahraga, sebagaimana dijelaskan Dr. Jeannette Graf dan Dr. Dhaval Bhanusali, MD

1. Hapus makeup: Mencuci muka sebelum olahraga bisa menghilangkan bakteri dan kotoran yang sudah ada di kulit, karena olahraga membuka pori-pori kulit. Eksaserbasi breakout ini akan lebih mudah masuk. Menghapus riasan pada wajah juga sangat penting karena riasan dan bahkan krim wajah atau tabir surya nyatanya memang bisa menyumbat pori-pori dan terperangkap di dalamnya, sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri.

2. Cuci wajah usai olahraga: Mencuci muka langsung setelah berolahraga sangat penting. Idealnya, face wash atau sabun muka dengan asam salisilat (2 persen) bisa untuk membersihkan pori-pori dari keringat dan minyak. Ingat, pastikan juga menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah dengan lembut sesudah cuci muka.

3. Selalu pakai handuk bersih: Handuk juga jadi wadah yang tepat untuk menyerap bakteri, minyak, dan kotoran. Makanya, kalau tidak mau jerawatan, pastikan Anda selalu menggunakan handuk bersih untuk setiap sesi olahraga. Cari juga handuk yang berbahan lembut ya! 

4. Langsung mandi: Selesai olahraga langsung mandi, ini untuk mencegah bakteri dan jamur penyebab jerawat menempel di kulit dan berkembang biak.

5. Cuci baju olahraga: Direkomendasikan untuk selalu mencuci pakaian olahraga setelah setiap sesi latihan. Pakaian yang berkeringat bisa menjadi sarang bakteri dan jamur yang menyebabkan jerawat. Jangan hanya baju, tapi juga segala perlengkapan lainnya, misalnya topi, ikat kepala, helm, atau perlengkapan lainnya yang dipakai saat berolahraga.

 BACA JUGA:Ladies, Simak Yuk Tips Pakai Sunscreen Tanpa Khawatir Jerawatan

BACA JUGA: Cara Mencegah Jerawat Akibat Pakai Masker ala Dokter Kulit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini