Share

Bahagia di Masa Tua dengan Latihan Metode Mindfulness, Apa Itu?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 612 2624698 bahagia-di-masa-tua-dengan-latihan-metode-mindfulness-apa-itu-7FavGFU9ml.jpeg Metode mindfulness untuk bahagia di masa tua (Foto: Verywellhealth)

BAHAGIA di masa tua menjadi dambaan banyak orang. Tetapi sayangnya, ada saja hal-hal yang memicu stres dan menyebabkan masa tua kurang menyenangkan. Mulai dari perubahan fisik, hormon, dan faktor-faktor pemicu lainnya yang menyebabkan stres pada orang dengan usia lanjut (lansia).

Namun, bahagia di usia tua bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada suatu cara untuk mengurangi stres ketika lansia, yaitu menggunakan metode mindfulness. Apa itu?

Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiatri atau Dr dr Martina Wiwie Nasrun, SpKJ (K) mengatakan, latihan mindfulness ini memang memiliki tujuan untuk mengurangi penderitaan dan meningkatkan kebahagiaan. “Kondisi mindfulness ini bisa dilatih dengan berbagai cara, kapan saja dan di mana saja,” ujarnya dalam webinar IMERI FKUI lewat Zoom, Rabu (6/7/2022).

Metode Mindfulness

Dia menjelaskan, pada penelitian ditemukan bahwa mindfulness ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kemudian juga berdampak bagus bagi pasien dengan diabetes, di antaranya perbaikan pada berat badan, kontrol glikemik, dan tekanan darah, hingga mengurangi gejala nyeri serta meningkatkan fungsi dan kualitas hidup.

“Ada beberapa metode melatih mindfulness. Misalnya, duduk dan hening selama beberapa waktu dan mengarahkan perhatian secara spesifik terhadap pikiran dan perasaan yang muncul,” kata dr Wiwie.

BACA JUGA : Perlunya Mewaspadai Toxic Positivity dari Sudut Pandang Mindfulness

BACA JUGA : 5 Tips Sederhana Jadi Orang yang Bahagia

Lebih lanjut, sambung dia, ada metode lain yang lebih singkat dan dapat dilakukan dalam rutinitas sehari-hari. Mulai dari berjalan, mandi, makan, atau saat menyetir. Menerapkan latihan mindfulness dalam keseharian ini dapat mengurangi kadar stres di usia senja.

“Stres perlu ditangani segera agar menurunkan risiko berkembangnya penyakit terkait stres. Mindfulness interventions (MBIs) secara ilmiah membuktikan mengurangi stres dan penyakit terkait stres dari waktu ke waktu,” jelasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini