Share

Tips Edukasi Pertahanan Diri Cegah Pelecehan Seksual ala Psikolog

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 612 2624731 tips-edukasi-pertahanan-diri-cegah-pelecehan-seksual-ala-psikolog-D0yqriLKfK.jpg Mencegah pelecehan seksual (Foto: Shutt)

SAAT ini kasus pelecehan seksual di Indonesia masih tinggi. Psikolog Lia Sutisna Latif M.Psi mengatakan, perlu adanya edukasi pertahanan diri dari orang asing untuk anak, remaja dan dewasa demi mencegah perilaku tersebut di ruang publik.

"Penting untuk mengedukasi masyarakat dan berbagai kalangan, sehingga mereka tau 'oh ini yang harus aku lakukan'. Karena boleh saja kita memiliki pertahanan diri dari orang asing itu harus dan sangat perlu," ucap Lia.

 pelecehan seksual

Seperti dilansir dari Antara, Lia menjelaskan, anak dapat diajari untuk selalu bersama orangtua mereka ketika sedang di ruang publik.

Kemudian untuk anak-anak yang berada di ruang publik bersama teman, diminta agar anak tidak boleh berada di satu tempat sendirian.

 BACA JUGA:Sejumlah Kasus Pelecehan Seksual di Mal, Nomor 1 Korbannya Anak

"Kemudian jika ada seseorang yang menawarkan (minuman) di bar atau café jangan mudah menerima sesuatu atau misalnya pura-pura berkenalan, bisa dijawab singkat tetapi sopan,” ucap Lia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini