Share

5 Latihan Mindfulness untuk Lansia, Ampuh Kurangi Risiko Jantung hingga Psikosomatis

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 612 2624787 5-latihan-mindfulness-untuk-lansia-ampuh-kurangi-risiko-jantung-hingga-psikosomatis-UIPUIOr11r.jpg Ilustrasi Lansia. (Foto: Shutterstock)

STRES memang bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, kanker, hingga gangguan psikosomatis. Oleh karena itu, perlu dilakukan stres relief dengan cara berbicara pada psikolog ataupun mengubah pola pilir.

Tapi, bisa juga kita melakukan Mindfulness-based interventions (MBIs) untuk pertolongan pertama tanpa datang ke psikolog. Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiatri atau Dr dr Martina Wiwie Nasrun, SpKJ (K) membeberkan hasil penelitian terkait dampak Mindfulness-based interventions (MBIs).

β€œMBIs ini secara ilmiah membuktikan mengurangi stres dan penyakit terkait stres dari waktu ke waktu. Stres perlu ditangani segera agar menurunkan risiko berkembangnya penyakit terkait stres,” ujarnya dalam webinar IMERI FKUI lewat Zoom, Rabu (6/7/2022).

Lansia

Dia menjelaskan, latihan mindfulness ini dapat diterapkan berbagai usia. Termasuk orang dengan usia lanjut (lansia). Ada beberapa cara latihan mindfulness untuk golden age. Berikut 5 caranya:

Mindful eating

Pertama ada mindful eating atau mindful saat makan. Anda bisa melakukannya dengan cara mengamati dan menikmati kegiatan makan Anda. Mulai dari memasukkan makanan ke mulut, mengunyah makanan secara perlahan, serta memperhatikan rasa dan tekstur dari makanan.

Mindful walking

Kemudian ada mindful walking atau mindful saat berjalan. Jalan kaki merupakan latihan ringan yang baik juga bagi kesehatan fisik. Ketika sedang berjalan kaki, sebaiknya fokus pada sensasi tubuh yang berpindah. Kemudian tatapan diarahkan lurus ke depan.

Meditasi

Selanjutnya adalah latihan meditasi. Dengan meditasi, Anda bisa memfokuskan perhatian kepada pergerakan napas Anda.

Yoga

Yoga juga menjadi cara yang baik untuk latihan mindfulness. Dengan yoga, Anda bisa fokus mengamati pergerakan tubuh secara cermat.

Taichi

Terakhir ada Taichi. Ini merupakan seni bela diri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Taichi sendiri memiliki mindfulness dalam gerakannya, di mana Anda dapat berkonsentrasi pada napas Anda dengan gerakan yang santai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini