Share

5 Tips Mudah Atasi Mata Merah, Yuks Sayangi Indera Kita

Tim Okezone, Okezone · Rabu 06 Juli 2022 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 612 2624819 5-tips-mudah-atasi-mata-merah-yuks-sayangi-indera-kita-M5vtOdbMx1.jpg Ilustrasi Mata Merah. (Foto: Shutterstock)

MATA sering disebut sebagai Jendela Dunia, karena memang mata memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Tak heran bila mata selalu jadi pusat perhatian setiap orang.

Tapi, tidak semua orang bisa memiliki mata indah, karena memiliki beberapa masalah mata dan yang paling banyak terjadi adalah mata merah. Mata merah sendiri disebabkan oleh banyak faktor, seperti konjungtivitis, kondisi ini terjadi karena adanya peradangan di area mata yang muncul karena virus, bakteri, dan alergi.

Alergi di area mata ketika Anda terkena debu atau kotoran yang menempel di mata sehingga menyebabkan mata perih dan menjadi memerah. Dan yang terakhir disebabkan oleh blefaritis. Blefaritis merupakan gangguan mata inflamasi umum yang menyebabkan kemerahan di area mata. Masalah ini bisa menyebabkan rasa gatal hingga membuat mata merah.

Ketika Anda mengalami kondisi tersebut tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara mengatasi mata merah. Anda bisa konsultasi ke dokter mata bila masalahnya sudah parah. Namun bila terjadi di awal, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan untuk mengatasi mata merah.

Penasaran bagaimana cara mengatasi mata merah? Berikut seperti dirangkum dari Healthline.

Mata Merah

Kompres Dengan Air Hangat

Cara mengatasi mata merah yang pertama bisa dengan mengompres mata dengan air hangat. Air hangat berfungsi untuk melancarkan aliran darah di area mata dan juga meningkatkan produksi minyak pada kelopak mata sehingga kembali sehat. Namun Anda perlu memperhatikan saat mengompres dengan air hangat, sebab area mata dianggap sangat sensitif sehingga harus menggunakan air dengan suhu yang tepat.

Caranya sangat mudah, cukup siapkan air hangat di dalam wadah, kemudian ambil handuk kecil yang lembut dan rendam ke dalam wadah berisi air hangat. Peras hingga kering kemudian letakkan handuk ke area mata dan diamkan hingga 20 menit.

Kompres Dengan Air Dingin

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres mata menggunakan air dingin. Cara ini dapat membantu mengatasi mata merah dan juga meredakan pembengkakan pada area mata. Selain itu juga dapat mengurangi rasa gatal akibat iritasi.

Caranya siapkan wadah yang berisi air dingin. Kemudian siapkan handuk kecil dan rendam ke dalam air dingin tersebut. Peras handuk dan kompres ke mata selama 10. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata merah dan bengkak mereda.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Gunakan Obat Tetes Mata

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata. Saat ini banyak obat tetes mata yang bisa digunakan untuk mengatasi mata merah. Kandungan bahan-bahan di dalamnya aman untuk mata merah. Biasanya obat tetes mata ini juga bisa digunakan untuk Anda yang mengalami mata kering.

Konsumsi Air Putih

Anda juga wajib mengkonsumsi banyak air putih untuk mengatasi mata merah. Menurut anjuran dokter, setiap orang harus mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Hal itu untuk membantu menghidrasi kulit agar tetap sehat dan lembap. Ternyata cara ini juga dapat membantu menghidrasi area mata lho. Area mata yang kering juga bisa menyebabkan mata merah. Oleh sebab itu, konsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

Perhatikan Pola Makan

Cara mengatasi mata merah yang terakhir adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Produk makanan olahan, produk susu, dan makanan cepat saji bila dikonsumsi secara berlebihan tak hanya buruk untuk tubuh tapi juga area mata. Sebaiknya ketika Anda rentan mengalami mata merah, kurangi asupan makan-makanan tersebut. Mulai perbaiki asupan makanan dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkap makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan. Ini biasanya ditemukan pada ikan, seperti salmon, dan biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji rami. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini