Share

Ibu Rumah Tangga Bisa Berpenghasilan Besar dengan Bisnis dari Rumah

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 612 2624844 ibu-rumah-tangga-bisa-berpenghasilan-besar-dengan-bisnis-dari-rumah-GuqXrPFcY5.jpg Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

PODCAST Aksi Nyata Perindo #DariKamuUntukIndonesia kali ini kembali membahas topik yang seru, terutama untuk kaum perempuan. Pasalnya, kali ini Podcast Aksi Nyata membahas tentang tata cara berbisnis bagi ibu rumah tangga yang ada di rumah.

Ya, bukan tidak mungkin bagi seorang perempuan untuk menjalankan lebih dari satu peran sekaligus; menjadi istri, ibu, dan pengusaha. Terbukti dari zaman ini, di mana banyak perempuan yang memiliki bisnisnya sendiri ataupun menjadi pengusaha sukses.

Podcast Aksi Nyata Perindo

Seperti Geraldin Christina yang merupakan Co Founder Shestart.id, di mana dia juga menjadi narasumber dalam Podcast Aksi Nyata kali ini. Dia mengatakan, di era digital seperti sekarang, ibu rumah tangga (IRT) sangat mungkin untuk mengejar mimpinya menjadi apapun, termasuk memiliki bisnis sendiri.

Sebab, Geraldin juga merupakan seorang ibu yang saat ini tengah merintis usaha platform komunitas untuk para pelaku usaha perempuan. “Saya sehari-hari ya menjadi ibu, mengurus rumah tangga, mengurus usaha yang sedang dirintis, dan juga membuat sebuah support system buat para pelaku usaha perempuan di Indonesia,” ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan langsung di YouTube Partai Perindo, Rabu (6/7/2022).

Dia mengatakan, peran-peran itu dapat dijalani berbarengan dengan berbagai cara. “Tentukan dulu prioritas kita itu apa. Setiap individu punya prioritas yang berbeda-beda. Ada yang keluarga dulu, kemudian usaha dan kerjaannua bisa di-slow down,” ujarnya.

Namun, sambung dia, ada pula yang sebaliknya. “Ada yang saat ini prioritasnya karier atau usaha. Nah kalau begitu silakan berkomunikasi dengan pasangan, keluarga, bagaimana supaya bisa membagi waktu dan membagi sedikit mendelegasikan role kita sebagai ibu ke orang lain,” jelasnya.

Oleh karena itu, penting juga adanya komunikasi serta support system yang baik bagi perempuan, termasuk ibu, tak hanya dari pasangan, tetapi juga keluarga. “Aku ada satu quotes yang membuatku tertohok banget saat itu, ‘jangan pernah membuat posisi kamu sebagai ibu menghentikan kamu meraih cita-cita kamu yang lain’. Itu memotivasi aku banget, supaya jangan kalau kita jadi ibu jadi tidak percaya diri untuk membagi waktu dengan yang lain, padahal itu possible banget,” ujarnya.

Apalagi, saat ini sudah serba digital, di mana menjalankan usaha bisa dilakukan dari rumah. Misalnya, berjualan online, membuat platform, dan usaha-usaha kreatif lainnya yang bisa dilakukan dari rumah sembari mengasuh anak ataupun menjalani peran sebagai IRT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini