Share

Mie Instan Indonesia Dilarang Beredar di Taiwan karena Mengandung Pestisida

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 298 2625411 mie-instan-indonesia-dilarang-beredar-di-taiwan-karena-mengandung-pestisida-FhnccLF88c.jpeg Mie Instan Indonesia Dilarang Beredar di Taiwan karena Mengandung Pestisida (Foto: Independent)

MIE Instan Indonesia dilarang beredar di Taiwan karena mengandung pestisida heboh di jagat maya. Pasalnya. salah satu merek mie instan asal Indonesia tersebut diduga mengandung residu pestisida. Hal itu diungkap oleh akun TikTok @yrsc7.

Dalam unggahannya, tampak salah satu stasiun TV Taiwan menyebutkan bahwa terdapat 4 ton produk salah satu mie instan asal Indonesia yang dilarang masuk Taiwan. Produk yang dilarang salah satunya dalam bentuk kemasan cup dengan lima varian rasa.

"Dilarang edar di Taiwan karena mengandung pestisida! 4 ton 5 varian rasa ini ditolak masuk Taiwan dan yang sudah masuk semuanya dimusnahkan," tulisnya, dikutip MNC Portal Kamis (7/7/2022).

Mie Instan Indonesia Dilarang Beredar di Taiwan karena Mengandung Pestisida

(Mie Instan Indonesia Dilarang Beredar di Taiwan karena Mengandung Pestisida, Foto: Independent)

Lebih lanjut, pemilik akun membeberkan lima varian rasa mie instan yang disebut mengandung racun berbahaya bagi tubuh jenis pestisida. Di antaranya rasa soto, rasa baso spesial, rasa korean spicy soup, rasa korean spicy chicken, dan rasa ayam bawang.

"Stop konsumsi!!!!" seru pemilik akun.

BACA JUGA : 10 Varian Indomie di Berbagai Negara Rasanya Bikin Penasaran, Nomor 1 Harus PO Berbulan-bulan!

BACA JUGA : 10 Mie Instan dengan Rasa Paling Nyeleneh, dari Hamburger hingga Shio!

Tentu saja unggahan itu langsung menghebohkan jagat maya hingga dibanjiri beragam reaksi netizen. Banyak yang menyangkal kabar tersebut, tak sedikit pula yang menyebut hal ini terjadi karena adanya politik perdagangan.

"Aku mantan kerja di pabrik mie.. setiap proses pembuatan ya tau .. setiap bulan dicek ISSO kalau emang mengandung bhan2 berbahaya pasti knak sanksi," tulis han****.

"Negara2 lain aja gk ada masalah, cuma taiwan doang yang mempermasalahkan," tulis juli****.

"Yang kerja di pabrik (mie yang dimaksud) pasti tau keamanan kualitas produk ini selalu di cek tiap bulannya oleh ISSO. ini pasti karena saingan pasar market mi aja," tulis rian****.

"Udah dikonsumsi lebih dari beberapa tahun tapi alhamdulillah masih sehat wal'afiat," tulis masa****.

"Pestisida yang digunakan di mie itu sebenarnya memang buat makanan.. cuma kasus di taiwan ini katanya kandungan pestisidanya berlebihan," tulis non****.

Setelah MNC Portal telusuri, berdasarkan informasi dari Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA), produk mie instan tersebut memang memiliki tingkat kandungan residu pestisida di atas ambang batas dari yang sudah ditetapkan negara setempat.

Tapi bukan hanya produk mie instan dari Indonesia, beberapa produk mie instan dari Filipina dan Jepang pun turut dilarang beredar di Taiwan. Secara total, Badan Pengawas Obat dan Makanan Taiwan telah menolak 19 pengiriman mie instan dengan total 4.431 kilogram (kg).

Rinciannya, 4.047 kg mi cup merek mie instan dari Indonesia dan 327 kg mi cup Lucky Me dari Filipina. Keduanya diimpor oleh Grup Elom Taiwan.

Mengingat banyaknya pengiriman produk mie instan yang terkontaminasi dari Indonesia, FDA mengatakan bahwa petugas bea cukai akan meningkatkan persentase sampel pemeriksaan makanan impor dari Indonesia yang semula lima hingga 10 persen menjadi sekitar 20 persen.

Selain itu, Bea Cukai juga menolak 56,96 kg mie cup Acecook dari Jepang yang diimpor oleh Zhong Xin International Development Co. Tidak hanya mie instan saja yang ditolak masuk oleh FDA Taiwan, Camellia Oil dari China dan kantong teh Queen Victoria dari Australia juga dinilai tidak memenuhi kriteria dari FDA.

FDA mengatakan, semua produk di bawah standar memang akan dikembalikan atau dihancurkan. Demikian sebagaimana MNC Portal kutip dari situs Focus Taiwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini