Share

4 Cara Mengatasi Jerawat di Miss V

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 611 2625583 4-cara-mengatasi-jerawat-di-miss-v-0lJb5k69tj.JPG Miss V, (Foto: Timesofindia)

JERAWAT jadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami banyak orang. Jerawat, tidak hanya bisa timbul di bagian lain dari wajah dan tubuh kita pada umumnya.

Jerawat kecil atau pun besar bisa timbul di area vagina alias Miss V. Produksi minyak berlebih dan peradangan yang disebabkan oleh hal-hal seperti stres, hormon, dan genetika adalah penyebab utama jerawat yang berkembang di wajah dan tubuh.

Selain itu bisa juga disebabkan karena bakteri dan folikel rambut yang meradang. Maka, tidak heran jika daerah kemaluan juga bisa menjadi tempat munculnya jerawat. Menurut dermatologis dari Skinfluence NYC, Marina I. Peredo, MD, FAAD, salah satu jenis jerawat yang paling umum yang dapat berkembang pada alat kelamin adalah folikulitis.

"Folikulitis adalah peradangan di sekitar folikel rambut, biasanya akibat bercukur. Rambut terperangkap di bawah kulit dan menjadi tersumbat. Ini bisa juga muncul karena mengenakan pakaian ketat dan rambut tumbuh ke dalam,” kata Marina.

Jerawat di bagian area Miss V, bisa dialami oleh wanita mana pun. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Well, disarankan dermatologis kosmetik spesialis jerawat, Michele Green, MD, jangan membiasakan diri untuk mencukur rambut yang tumbuh ke bagian dalam area vagina atau bikini line sendiri di rumah.

“Yang terbaik adalah tidak mencoba mengekstraksi sendiri rambut yang tumbuh ke dalam sendiri, karena perlu dilakukan prosedur sterilisasi. Sebaiknya serahkan pada profesional untuk menghindari infeksi,” kata Michele.

Cara kedua datang dari Natalie Aguilar, ahli kecantikan dan perawat dermatologi, yakni menjaga area vagina untuk tetap bersih dan pH nya seimbang.

“Bersihkan area vagina memakai pembersih pH seimbang yang dibuat untuk area vagina. Pembersih lain bisa mengiritasi dan membuang pH alami area tersebut, alhasil bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dan menjadikan area itu ideal untuk bakteri,” ujarnya, seperti dikutip Byrdie, Kamis (7/7/2022).

Cara ketiga, bisa dengan mengompres jerawat memakai air hangat terlebih dahulu lalu lanjut sebagai langkah kedua dikompres dengan air es dingin. Cara ini bertujuan untuk menurunkan inflamasi alias peredangan dan menenangkan rasa sakit. Setelah itu, baru gunakan benzoil peroksida yang disebut baik digunakan untuk mencegah jadi berjerawat.

Terakhir, bisa juga dengan mengaplikasikan ingrown concentrate oil setelah habis bercukur atau usai membersihkan area Miss V. Cara ini bisa membantu untuk meredakan iritasi dan mencerahkan perubahan warna di area kemaluan.

 BACA JUGA:7 Cara Alami Untuk Menghilangkan Komedo, Kamu Wajib Tahu!

BACA JUGA:5 Khasiat Madu untuk Kulit, Melembapkan hingga Hilangkan Jerawat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini