Share

Unik, Jalanan Ini Dibangun dari Aspal Wangi Stroberi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 612 2625671 unik-jalanan-ini-dibangun-dari-aspal-wangi-stroberi-mUraJz7rRM.JPG Ilustrasi jalanan aspal (Foto: Max Andrey/ Pexels)

SEBAGIAN orang tidak menyukai aroma menyengat yang ditimbulkan dari aspal, yang muncul ketika proses pembangunan atau perbaikan jalan.

Nah, aroma menyengat yang khas dari aspal panas ini dicoba dihilangkan oleh suatu perusahaan kontraktor di wilayah Leningrad, Rusia baru-baru ini.

Sebagai percobaan, perusahaan Rusia tersebut sukses membangun jalan sepanjang 700 meter dengan menggunakan aspal beraroma stroberi yang segar sekaligus manis. Pembangunan jalan dengan aspal wangi stroberi ini sebagai percobaan untuk solusi membantu memecahkan masalah bau yang tidak sedap.

Jalan sepanjang 700 meter dengan aspal aroma stroberi itu dibangun pada 30 Juni lalu, berlokasi di distrik Vsevolozhsk Leningrad. Jalanan aspal wangi stroberi ini merupakan bagian dari proyek nasional Safe High-Quality Roads Rusia.

Proses pembangunan jalan dengan aspal aroma stroberi tersebut, diketahui lebih lanjut membutuhkan sekitar 300 ton campuran aspal beraroma stroberi yang khusus diproduksi untuk percobaan ini.

Menurut laporan kantor berita Rusia, Interfax, pihak kontraktor menyebut, solusi ini adalah inisiatif mereka sendiri.

“Banyak orang tidak menyukai bau aspal yang terlalu panas, yang menyebar selama proses perbaikan jalan, jadi pihak kontraktor memutuskan untuk mencobanya,” bunyi laporan Interfax.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu suatu perusahaan Polandia diketahui juga membuat aspal unik, yakni aspal beraroma bunga dengan tujuan bisa meningkatkan mood kerja bagi orang-orang yang bekerja bersama aspal setiap harinya.

Namun sejauh ini, tidak disebutkan seberapa sukses percobaan itu sebenarnya, atau berapa lama durasi aroma stroberi bisa bertahan.

Sebagai catatan, pihak kontraktor menyebutkan bahwa aroma stroberi tidak memengaruhi kualitas dari aspal itu sama sekali. Demikian sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Kamis (7/7/2022). 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini