Share

5 Minuman Penurun Kolesterol Usai Santap Daging Kurban Idul Adha

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Minggu 10 Juli 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 298 2627005 5-minuman-penurun-kolesterol-usai-santap-daging-kurban-idul-adha-T52NXh0i5w.jpg Minuman penurun kolesterol (Foto: Timesofindia)

HIDANGAN Hari Raya Idul Adha identik dengan daging-dagingan, seperti sapi dan kambing. Kedua daging tersebut memang sehat jika dikonsumsi dalam batas wajar, tetapi bisa menimbulkan efek buruk jika makan terlalu banyak, termasuk kolesterol tinggi.

Kondisi ini dapat memicu penyakit kardiovaskular utama, obesitas, stroke kelumpuhan, hingga jantung. Nah, untuk mencegah lonjakan kolesterol saat Idul Adha, Anda bisa meminum minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol berikut ini, sebagaimana MNC Portal Indonesia rangkum dari Medical News Today, Minggu (10/7/2022).

1. Teh hijau

Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan. Hal inilah yang kemungkinan membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol secara total. Selain itu, kafein dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Anda bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari untuk merasakan manfaatnya. Selain menurunkan kolesterol, teh hijau juga bermanfaat menurunkan berat badan, risiko diabetes, dan menjaga fungsi otak.

BACA JUGA : Seberapa Efektif Teh Hijau untuk Mencegah Stroke?

2. Susu kedelai

Susu kedelai memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Selain itu, asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Food and Drug Administration (FDA) pun merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari protein kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan menjaga kadar kolesterol.

Disarankan pula mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak. Dengan mengonsumsi minuman ini, tubuh juga akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

BACA JUGA : Kaya Akan Serat, Susu Kedelai Cocok untuk Pasien Jantung Koroner

3. Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen. Inilah yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. Selain itu, jus tomat juga kaya serat penurun kolesterol dan niasin. Cobalah membuat jus tomat tanpa tambahan pemanis buatan.

4. Smoothie berry

Buah beri dikenal kaya akan serat dan rendah kalori. Buah beri yang dimaksud di sini adalah stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan jenis buah beri lainnya. Secara khusus, para ahli telah menemukan senyawa yang disebut anthocyanin, antioksidan kuat. Senyawa tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Minuman cokelat hitam

Minuman dari cokelat hitam alias dark chocolate mengandung kakao yang kaya antioksidan yang disebut flavonoid. Kandungan inilah yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 pun menemukan bahwa mengonsumsi 450 mg minuman cokelat dua kali sehari selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat hitam secara rutin juga dapat mencegah arteriosklerosis, yaitu pengerasan pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Namun penting untuk diperhatikan, jika cokelat yang baik untuk tubuh tidak mengandung banyak gula. Pilihlah kakao atau cokelat hitam yang mengandung 75-80 persen lebih kakao untuk dikonsumsi agar bisa merasakan manfaatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini