Share

9 Makanan Pantangan Darah Tinggi, Penyuka Pedas Wajib Waspada Nih

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 11 Juli 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 298 2627463 9-makanan-pantangan-darah-tinggi-penyuka-pedas-wajib-waspada-nih-Vb3clXDOt8.jpg Makanan Pantangan Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA 9 makanan pantangan darah tinggi yang harus anda ketahui. Apalagi bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa menyebabkan resiko penyakit lainnya.

Dikutip dari laman World Health Organization (WHO), hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh manusia berada di atas batas normal. Banyak hal yang bisa menyebabkan tubuh mengalami hipertensi.

Salah satunya adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Melansir dari laman Healthline, berikut adalah 9 makanan pantangan darah tinggi yang harus anda hindari agar tekanan darah tidak semakin naik, seperti dilansir dari Healthline.

Garam atau natrium

Musuh utama dari penyakit hipertensi adalah garam. Garam memiliki sifat mengikat cairan dan berakibat pada peningkatan volume darah. Sehingga keseimbangan cairan yang ada di dalam darah bisa rusak.

Makanan yang mengandung garam berlebih tidak hanya pada makanan asin saja, namun bisa juga anda temukan pada roti, sup, daging yang diawetkan, dan lain-lain.

Daging deli

Daging deli adalah daging olahan yang telah dipotong lalu diawetkan dengan natrium. Cara pengawetan ini membuat daging deli mengandung banyak garam. Otomatis penderita hipertensi tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi daging jenis ini.

Makanan Pantangan Darah Tinggi

Pizza beku

Pizza beku biasanya terbuat dari beberapa bahan yang tinggi akan natrium dan senyawa lain, seperti lemak jenuh dan gula. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan rasa pizza. Sebagai allternatif, cobalah untuk membuat pizza sendiri agar anda bisa menakar kadar garamnya sendiri.

Acar

Garam sebenarnya memiliki fungsi yang bagus untuk proses pengawetan bahan makanan. Salah satunya pengawetan sayuran, salah satunya adalah acar. Sayangnya, karena diawetkan dengan garam, satu ketimun acar mengandung 447 mg sodium.

Sup Kalengan

Sup kalengan memiliki fungsi kepraktisan tersendiri. Apalagi bagi anda yang sibuk. Namun, kandungan garam yang ada dalam satu kaleng sup ternyata tinggi, yaitu sekitar 1.110 mg hingga 2.140 mg sodium.

Produk tomat dalam kaleng

Sama seperti produk sup kalengan, produk tomat yang dikemas dalam kaleng juga tinggi akan kandungan natrium atau garam. Banyaknya garam di dalam tomat kaleng tentu tidak sehat bagi penderita hipertensi.

Gula

Tak hanya berbahaya bagi penderita gula darah tinggi, kebanyakan gula juga berbahaya bagi penderita hipertensi. Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh terlalu banyak gula lalu menjadi gemuk atau obesitas. Obesitas inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Makanan olahan yang mengandung lemak trans

Lemak trans atau lemak jenuh memang tidak bagus bagi kesehatan, terutama jantung. Lemak trans sendiri merupakan lemak buatan yang diolah secara kimiawi agar umur simpannya lebih lama. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan juga hipertensi.

Anda bisa menemukan kandungan lemak trans pada beberapa jenis makanan, seperti susu, mentega, kulit ayam, dan lain-lain.

Alkohol

Alkohol memiliki peran buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menaikan tekanan darah. Tak hanya itu, alkohol juga tinggi kalori dan glukosa.

Saus Botol

Hampir setiap orang, terutama mereka yang suka dengan makanan pedas, menyediakan saus botolan di rumah. Selain praktis, rasanya pun lezat untuk ditambahkan ke dalam makanan. Sayangnya, kebanyakan saus botolan mengandung jumlah natrium yang cukup tinggi.

Diketahui, 1/2 cangkir saus marinara klasik mengandung 400 miligram garam dan secangkir saus tomat mengandung lebih dari 600 miligram garam. Kandungan garamnya cukup tinggi, sehingga sebaiknya kamu membuat sambal di rumah menggunakan cabai dan tomat segar atau cari saus botolan yang rendah sodium.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini