Share

4 Penyebab Jerawat di Pungung yang Jarang Disadari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 611 2627526 4-penyebab-jerawat-di-pungung-yang-jarang-disadari-NSicfeGjbN.jpeg Jerawat di punggung (Foto: Timesofindia)

TAK hanya di wajah, jerawat bisa muncul di bagian tubuh lain. Punggung milsanya, penyebabnya pun harus diketahui agar masalah kulit tersebut tidak menghantui.

Jerawat di punggung biasanya dalam bentuk komedo, whiteheads, papula, bahkan kista yang menyakitkan. Jerawat punggung punya keunikan sendiri dibanding jerawat wajah, khususnya dalam hal perawatan karena area susah dijangkau.

Lantas, bagaimana seseorang bisa kena jerawat punggung? Apakah penyebab jerawat punggung salah satunya karena mengenakan baju yang kotor atau lembap?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa punggung pun memiliki sebum yang menjaga kulit tetap sehat. Jika sebum atau sel kulit mati menyumbat pori-pori, maka terjadi peradangan dan ini yang kemudian dinamakan lesi jerawat.

Munculnya ragi di punggung pada kebanyakan kasus karena area belakang tertutup pakaian, tas ransel, atau benda lainnya yang menekan ke area punggung, yang memungkinkan terciptanya area lembap dan mikroba penyebab jerawat senang tinggal di area seperti itu.

Secara lebih detail, laman Medical News Today menjelaskan beberapa penyebab seseorang bisa kena jerawat punggung, seperti:

1. Masa pubertas

Jerawat di Punggung

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung pun bisa terjadi akibat masa pubertas. Di masa ini, terjadi peningkatan testosteron yang menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebihan yang membungkinkan pori-pori tersumbat.

2. Riwayat keluarga

Jerawat ternyata bisa muncul karena faktor keturunan. Jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat jerawat punggung, maka kemungkinan besar Anda mengalami masalah yang sama dengan orangtua Anda.

3. Jenis kelamin

Wanita cenderung memiliki jerawat daripada pria. Ini kemungkinan karena pengaruh hormon wanita yang berfluktuasi selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause.

4. Faktor lain

Jerawat punggung bisa juga muncul akibat obat-obatan yang mengandung steroid pun kontrasepsi hormonal, produk kosmetik yang tidak non-comedogenic, atau akibat penggunaan ransel yang terlalu sering yang memungkinkan punggung iritasi.

"Pada beberapa studi dikatakan juga bahwa susu sapi dan produk olahan diary lainnya pun meningkatkan terjadinya jerawat. Begitu juga dengan konsumsi karbohidrat berlebih yang diklaim berkaitan erat dengan terciptanya jerawat di kulit," terang laman kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Sabtu (9/7/2022).

Jadi, itu dia penyebab jerawat punggung yang harus Anda ketahui. Menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi salah satu kunci mendapatkan kulit tubuh yang paripurna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini