Share

Keren! Sejauh Mata Memandang Suarakan Isu Kepunahan di ARTJOG 2022

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 11 Juli 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 612 2627368 keren-sejauh-mata-memandang-suarakan-isu-kepunahan-di-artjog-2022-eBx1R5oK87.jpeg ARTJOG 2022 (Foto: Sejauh Mata Memandang)

JENAMA Sejauh Mata Memandang semakin serius menyuarakan isu lingkungan. Brand fashion lokal ini terus berperan aktif menyelamatkan bumi dengan cara mereka sendiri, salah satunya lewat instalasi seni yang ditampilkan di ARTJOG 2022.

Ya, gelaran pameran Sejauh Mata Memandang di ARTJOG 2022 bahkan mengangkat isu kepunahan yang jarang disorot jenama fashion. Lewat karya seni, jenama ini coba menciptakan ruang instalasi sekaligus edukasi menyoal kepunahan.

ARTJOG 2022

'Kisah Punah Kita' menjadi nama instalasi jenama ini di ARTJOG 2022. Itu adalah instalasi seni yang diciptakan sebagai pengingat betapa dekatnya kita dengan kepunahan, namun hal tersebut sejatinya dapat dicegah dengan melakukan hal nyata.

Karena seni adalah medium yang berbicara lewat rasa, menghibur dan lebih mudah diterima dan dipahami, sehingga instalasi 'Kisah Punah Kita' juga ternyata dibuat dengan pendekatan sederhana dan memanfaatkan berbagai bahan sehari-hari sebagai medium untuk menyampaikan pesan.

Chitra Subyakto

"Kami menampilkan sebuah realita apa yang sedang terjadi di Bumi, rumah kita satu-satunya bahwa kita sebagai manusia punya dua pilihan, satu menjadi penyelamat Bumi atau menjadi penghancur Bumi," terang Chitra Subyakto, pendiri dan direktur kreatif Sejauh Mata Memandang, dalam keterangan resminya, Senin (11/7/2022).

ARTJOG 2022

"Sejauh ingin mengajak masyarakat agar semakin sadar akan adanya krisis iklim dan menjadi bagian dari solusi," tambah Chitra. Ia melanjutkan, dengan semakin banyak masyarakat yang sadar akan kepunahan yang semakin dekat, diharapkan semakin banyak tindakan nyata yang dilakukan dan kepunahan tersebut bisa diperlambat.

ARTJOG 2022

ARTJOG 2022 sendiri tahun ini mengangkat tema kesadaran atau 'Expanding Awareness' yang mana arti kesadaran tak hanya terbatas pada kesadaran kritis manusia tentang berbagai permasalahan yang tengah terjadi, tapi lebih dari itu.

Lewat tema ini ARTJOG 2022 ingin mengajak kepada para pengunjung membuka mata bahwa pameran seni itu sendiri merupakan satu ruang pertukaran pengetahuan yang dilakukan dengan penuh kesadaran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Melalui kesadaran ini, ada optimisme yang ikut tergaungkan bahwa kontribusi kecil individu untuk kebaikan sesama makhluk hidup akan memberi dampak yang baik pada masa yang akan datang.

"Itu selaras dengan pilar utama Sejauh Mata Memandang yang terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan semakin gentingnya permasalahan lingkungan hidup yang perlu ditindaklanjuti, baik dari perubahan perilaku maupun tindakan nyata," tambah Chitra.

ARTJOG 2022

Lewat instalasi 'Kisah Punah Kita', Sejauh Mata Memandang coba mengajak masyarakat berinteraksi dan berkaca, serta akhirnya sadar bahwa kita semua adalah spesies yang akan punah dan parahnya kepunahan itu terjadi akibat ulah manusia sendiri.

"Diharapkan dari kesadaran itu akan timbul kepedulian dan pada akhirnya menjadi satu tindakan nyata," ungkap Chitra.

ARTJOG 2022

Tak hanya menawarkan pameran instalasi, jenama fashion ini pun menghadirkan 'Sejauh Rumah Kita' yang merupakan kegiatan lanjutan dari instalasi di ARTJOG 2022. Di sini, pencinta fashion akan dimanjakan dengan koleksi Sejauh Mata Memandang sekaligus bisa mendapat ilmu khususnya bagaimana tips merawat Bumi yang bisa diaplikasikan sehari-hari.

ARTJOG 2022 berlangsung sejak 8 Juli hingga 4 September 2022, bertempat di Jogja National Museum (JNM), Daerah Istimewa Yogyakarta. Gelaran pameran seni ini dibuka untuk umum tiap hari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini