Share

10 Buah Penurun Darah Tinggi, Mudah dan Murah Kok

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 12 Juli 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 298 2628169 10-buah-penurun-darah-tinggi-mudah-dan-murah-kok-VFqaZTTmUz.jpg Buah Penurun Darah Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA 10 buah penurun darah tinggi bisa dijadikan salah satu alternatif bagi Anda yang sedang menderita penyakit ini. Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang sering menyerang orang dewasa dan orang-orang lanjut usia.

Penyakit darah tinggi tidak bisa dianggap enteng, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Seperti penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.

Salah satu cara untuk menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga pola makan dan hidup sehat. Seperti makan buah-buahan setiap hari. Nah, berikut adalah 9 buah penurun darah tinggi yang bisa Anda coba.

Pisang

Tak heran jika pisang dijuluki sebagai buah superfood. Hal ini karena buah pisang memiliki beragam manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk penurun darah tinggi.

Dilansir dari buku Solusi Sehat Mengatasi Hipertensi oleh Redaksi AgroMedia, buah pisang terutama jenis ambon memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, Kaliaum, dan vitamin E yang tinggi. Vitamin E dan Kalium inilah yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah Tinggi

Delima

Kandungan viitamin K, serat, vitamin C, dan juga folat yang tinggi pada buah ini diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

Semangka

Buah yang paling segar dimakan pada siang hari ini ternyata kaya akan vitamin. Seperti vitamin A, vitamin C, serta kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan juga serat. Tak hanya itu, kandungan airnya pun banyak. Kandungan air yang banyak dan kalium ini diyakini sebagai salah satu alasan buah semangka bisa menjadi salah satu buah penurun tekanan darah.

Buah Beri

Buah-buahan beri, seperti strawberry, blueberry, blackbarry, dan lain-lain memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin c, vitamin k, serta antioksidan yang dapat mencegah tersumbatnya aliran darah dan mengurangi resiko darah tinggi.

Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C ini ternyata memiliki manfaat untuk meredakan tekanan darah. Sebab, jeruk memiliki kandungan nutrisi lain yang tak kalah tinggi dari buah lain, seperti kalium, vitamin A, folat, anti oksidan, thiamin, dan lain-lain.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bit

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, buah bit juga memiliki kandungan senyawa nitrat yang memiliki peran dalam pembuluh darah.

Alpukat

Tak hanya dijadikan sebagai agen sumber lemak baik bagi tubuh, alpukat juga menjadi salah satu buah dengan kandungan kalium yang cukup tinggi. Tak hanya itu, kandungan nutrisinya juga lengkap. Sehingga buah ini cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

Blewah

Buah yang segar dijadikan es ini merupakan sumber kalium dan provitamin A. Tak heran jika banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah ini, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menguatkan fungsi ginjal.

Belimbing

Dalam sebuah buku bertajuk The Mirachle of Fruits karya Desty Evira Puspaningtyas, S. Gz., dalam 100 gram buah belimbing terdapat 130 mg kalium. Jumlah ini cukup tinggi sehingga bisa dikonsumsi untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Kiwi

Buah kiwi tak hanya segar, namun juga memiliki banyak manfaat. Kiwi merupakan sumber daari berbagai macam nutrisi dan vitamin. Salah satunya kalium yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini