Share

9 Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu Tanpa Tersiksa

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 12 Juli 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 612 2628113 9-cara-mengecilkan-perut-buncit-dalam-1-minggu-tanpa-tersiksa-tj5R75Ugx1.jpg Ilustrasi Perut Buncit. (Foto: Shutterstock)

ADA 9 Cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu sepertinya perlu Anda coba. Perut buncit menjadi salah satu masalah yang harus segera dibasmi. Karena perut buncit biasanya mengganggu penampilan.

Perut buncit tidak hanya dialami oleh orang dengan berat badan berlebih saja, loh. Orang dengan berat badan normal atau kurus pun bisa mengalami perut buncit. Hal ini bisa terjadi karena perut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling elastis dan mudah berlemak.

Lantas, bagaimana caranya untuk menghilangkan perut buncit? Simak informasi mengenai 9 Cara Mengecilkan Perut Buncit dalam 1 Minggu Tanpa Tersiksa berikut ini.

Perlu Anda ketahui, perut buncit bisa muncul karena beberapa sebab, seperti:

- Jarang berolahraga

- Pola makan yang tidak teratur

- Stres

- Memiliki faktor genetik

- Kurangnya jam tidur bagi tubuh

- Kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol

- Makan terlalu larut malam

- Adanya intoleransi laktosa

- Adanya sindrom usus yang teriritasi

- Faktor usia

Perut Buncit

Untuk mengecilkan perut buncit, Anda harus melakukan beberapa cara ini secara rutin selama satu minggu. Kuncinya adalah disiplin dan konsisten. Berikut caranya:

Menghitung kalori harian yang masuk ke dalam tubuh

Kalori harian yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh sembarangan. Jangan sampai asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dari total kalori yang tubuh Anda butuhkan. Kalori rata-rata yang dibutuhkan oleh lelaki dewasa adalah sebesar 2.500 kalori, sedangkan bagi perempuan sebesar 2.000 kalori.

Penuhi asupan air putih

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh dengan air putih akan sangat berguna dalam melancarkan metabolisme, mencegah sembelit, dan mengurangi perut kembung. Tak hanya itu, minum air putih sebelum makan juga akan membuat tubuh Anda cepat merasa kenyang dan nutrisi yang terserap lebih maksimal. Sehingga lemak yang masuk akan terkontrol dan perut tidak tambah buncit.

Mengurangi gas yang ada di dalam perut

Mengkonsumsi soda, alkohol, permen karet, dan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan terkumpulnya gas di dalam perut. Gas inilah yang membuat perut terlihat buncit dan terasa kembung. Sebaiknya kurangi makanan atau minuman yang bisa menimbulkan gas di dalam perut.

Perbanyak makan serat

Asupan serat sangat membantu pencernaan, menyerap mineral, dan juga mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Terutama serat larut. Sumber serat berada pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Tak hanya itu, asupan serat juga bisa Anda temukan dalam sebuah minuman atau vitamin.

Mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal

Asam lemak tak jenuh tunggal masuk ke dalam kategori lemak baik yang tidak membuat tubuh Anda menggendut. Sehingga dapat mencegah Anda dari kebuncitan. Anda bisa menemukan zat ini dalam alpukat, minyak zaitun, dan biji-bijian lain.

Memanfaatkan cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat untuk mengurangi penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh. Ini karena dalam cuka apel terdapat kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Namun, sebelum mengonsumsi ini pastikan Anda tidak memiliki penyakit asam lambung ya.

Mengonsumsi protein

Mengonsumsi protein yang cukup juga bisa membantu Anda mengurangi perut buncit. Ini karena protein berguna untuk membentuk massa otot, jadi tubuh Anda akan berat karena massa otot, bukan lemak. Protein juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Mengurangi stress

Stres bisa berakibat buruk bagi tubuh. Salah satunya penimbunan lemak dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena pada beberapa kasus, seorang yang tengah mengalami stres memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan nafsu makannya naik. Sehingga seseorang akan cenderung banyak makan. Cara mengurangi stress bisa dilakukan dengan berolahraga, meditasi, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Berolahraga

Berolahraga merupakan kunci sukses hilangnya perut buncit Anda. Dengan berolahraga, kalori dalam tubuh Anda akan dibakar. Anda bisa melakukan olahraga rutin selama 1 minggu untuk mengurangi perut buncit. Olahraga yang biasa Anda lakukan antara lain, kardio, jalan kaki, aerobik, dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini