Share

Bunda Wajib Baca, Ini Syarat Daycare yang Baik Versi Kak Seto

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Selasa 12 Juli 2022 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 612 2628285 bunda-wajib-baca-ini-syarat-daycare-yang-baik-versi-kak-seto-Lis04ZPJWT.jpg Daycare yang baik (Foto: BFF Tokyo)

KETUA Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Prof. Dr. Seto Mulyadi S. Psi M. Si (Kak Seto) meminta agar orangtua lebih selektif memilih daycare (tempat penitipan dan pengasuhan anak) dengan mengedepankan aspek edukasi, lingkungan maupun keamanan.

"Ya yang ramah anak dan yang betul-betul menjunjung tinggi atau mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak," ucap Kak Seto seperti dikutip dari Antara.

 Kak Seto

Ia menyarankan agar orangtua memilih daycare yang lingkungannya aman, artinya tidak banyak asap atau di pinggir jalan, lingkungan yang kotor dan licin. Punya pengasuh yang profesional dan pemimpin tempat pengasuhan anak yang paham tujuan mendirikan daycare tersebut. Hal itu juga menjadi syarat daycare yang baik menurutnya.

Kak Seto juga meminta orangtua untuk memeriksa langsung tempat tersebut guna menghindari potensi buruk dari daycare tersebut.

"Orangtua harus terjun, harus lihat sendiri. Artinya 'abal-abal' itu bisa saja mungkin ada para pedofil menyasar anak-anak yang balita. Atau kedua sekedar untuk bisnis itu juga tidak benar," ucap Kak Seto.

Ia juga menjelaskan beberapa manfaat daycare bagi perkembangan anak, salah satunya merangsang perkembangan sosial.

 BACA JUGA:RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Atur Penyediaan Daycare di Tempat Kerja

"Ya karena peniruan, social learning-nya berjalan, belajar secara sosial. Itu kadang lebih efektif dari belajar dengan ayah ibunya. Ketika melihat teman-temannya duduk manis makan, semua ikut," ucap lulusan psikologi UI itu.

Ia mengatakan agar perkembangan anak terasah, kegiatan yang bisa dilakukan di daycare adalah diajarkan permainan kreatif dan edukatif seperti bercerita, mendongeng atau bernyanyi. Selain itu juga perlu diajarkan dari segi psikoseksual agar anak bisa melindungi organ tubuhnya sendiri dari orang asing.

Selain itu, mengasah perkembangan emosionalnya juga perlu diajarkan agar anak tidak mudah meledak-ledak ketika marah dan bisa mengontrol emosinya.

Untuk mencapai hal tersebut, Ketua Umum LPAI ini mengatakan daycare yang baik harus memiliki pengasuh yang bersertifikat agar kenal dengan teori mengajar anak usia dini.

"Misalnya dulu dari IKIP guru PAUD, guru-guru PAUD itu salah satu yang bersertifikat, kalo misalnya dibentuk lagi ya silakan, nanti Kementerian Pendidikan bisa mungkin yang bukan S1 tapi sarjana muda, tapi paling tidak pantas untuk mendidik anak usia dini," ucap psikolog berusia 71 tahun ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini