Share

Sereal Hingga Roti Putih, Menu Sarapan Paling Tidak Sehat

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 298 2629083 sereal-hingga-roti-putih-menu-sarapan-paling-tidak-sehat-seRKMEZUM2.JPG Roti tawar putih, (Foto: Freepik)

SARAPAN jadi waktu makan paling penting dalam sepanjang hari, karena ini adalah makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh setelah bangun tidur di pagi hari dan menjadi bensin untuk memulai beraktivitas.

Jenis makanan yang terburuk untuk dimakan sebagai sarapan, menurut ahli gizi Jerlyn Jones, makanan sarapan terburuk untuk dimakan adalah makanan yang rendah serat dan tinggi gula tambahan dan lemak jenuh.

Dari sekian banyak makanan yang biasa disantap untuk sarapan, Hollie Waters, ahli diet dan anggota dewan penasihat Doctors For Nutrition, sereal, yogurt rasa, dan muesli bar yang tinggi gula tambahan, serta produk tepung olahan contohnya roti putih, pancake dan biskuit, adalah menu sarapan terburuk karena jauh dari kata sehat, mengutip Newsweek, Rabu (13/7/2022).

"Sereal manis, donat, kue-kue sarapan, dan minuman kopi manis sarat dengan gula. Gula tambahan ini masuk sekaligus di sistem seperti bom gula dan diubah menjadi kalori jauh lebih cepat. Bisa berdampak negatif pada kesehatan,” kata Jerlyn.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Sesudah menyantap makanan seperti di atas, tubuh dengan cepat mencerna karbohidrat yang ada dalam makanan tersebut. Ini bisa menyebabkan fluktuasi pada kadar glukosa darah dan insulin. Tidak heran, sesaat usai sarapan tubuh jadi lesu, merasa tidak kenyang, dan akhirnya jadi makan berlebihan selanjutnya.

Selain itu, makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans, contohyny muffin, kue kering, kentang goreng, gorengan, daging merah, susu, dan mentega atau margarin juga disebut bukan sebagai pilihan menu sarapan yang paling sehat.

Hal ini karena lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, caranya dengan menaikkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) ( kolestrerol jahat dan menurunkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), yang merupakan kolesterol baik dalam darah.

 BACA JUGA:12 Makanan Penurun Darah Tinggi, Cocok Dimakan Setelah Konsumsi Jeroan

BACA JUGA:Resep Sup Tahu Sutra, Pas untuk Hangatkan Badan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini