Share

3 Bahan Alami Paling Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat dan Bintik Hitam

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 611 2628550 3-bahan-alami-paling-ampuh-hilangkan-bekas-jerawat-dan-bintik-hitam-0hzzLa8cQJ.jpeg Bekas jerawat (Foto: Shutterstock)

KETIKA jerawat sudah hilang, tak jarang akan meninggalkan bekas berupa bintik hitam. Hal ini sama mengganggu, karena akan merusak penampilan. Berbagai cara dilakukan termasuk melakukan perawatan, biayanya hingga jutaan rupiah lho.

Namun demikian, terdapat beberapa bahan alami yang akan membantu Anda menyamarkan dan menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, atau karena tanda penuaan.

Nah, dikutip dari laman Health Line Anda dapat menghilangkan bintik hitam itu dengan cara alami. Tak perlu repot-repot memakai skincare mahal, atau ke dokter.

jerawat

1. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lain yang dapat bekerja untuk membantu meringankan, hingga menghilangkan bintik hitam.

Namun,sejauh ini memang belum ada penelitian tentang penggunaan topikal ekstrak biji anggur untuk menghilangkan bintik hitam. Tapi sebagian menunjukkan, bahwa ekstrak biji anggur selama 6 bulan yang dikonsumsi secara rutin bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, mirip dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi.

BACA JUGA : Kesal Banyak Jerawat di Dahi, Kenali 5 Penyebabnya

2. Vitamin C

Jus lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan, dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah menjadi sumber depigmentasi efektif yang mengurangi pembentukan melanin. Kemudian bisa membantu mengurangi bintik hitam bekas jerawat.

BACA JUGA : 4 Penyebab Jerawat di Pungung yang Jarang Disadari

3. Lidah Buaya

Belakangan ini, berbagai produk kosmetik dan skincare yang menawarkan kandungan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat. Maka pernyataan tersebut benar, sebab kandungan di dalamnya terdapat antiinflamasi yang bisa membunuh bakteri.

Sebuah studi penelitian menyebutkan, penggunaan lidah buaya secara rutin dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel. Akan tetapi hal ini diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui batasan dari efeknya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini