Share

5 Tips Melembapkan Siku yang Kering Kerontang, Langsung dari Para Ahli

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 611 2629012 5-tips-melembapkan-siku-yang-kering-kerontang-langsung-dari-para-ahli-6x2YV8oQuA.JPG Siku kering, (Foto: Liliya Rodnivoka/ Stocksy/ Byrdie)

SIKU tidak dipungkiri jadi bagian tubuh yang sering terlewati saat melakukan ritual perawatan kulit sehari-hari. Alhasil, bukan hanya gelap tapi siku juga jadi kering kerontang, pecah-pecah.

Melembapkan siku yang kering sebetulnya susah-susah gampang. Nah, jika Anda termasuk yan memiliki siku kering, bisa coba beberapa tips melembapkan siku yang kering di bawah ini, sebagaimana dijelaskan dermatologis, Alicia Zalka, MD, Corey L. Hartman, MD, Sandy Skotnicki, MD, dan Tiffany J. Libby, MD sebagaimana dirangkum dari Byrdie, Rabu (13/7/2022).

1. Aplikasikan produk saat siku basah: Oleskan lotion, krim, atau pelembap kulit saat kulit siku masih basah. Cara ini akan membantu mengunci hidrasi dan mendukung barrier kulit, yang sangat penting dalam penyembuhan dan merawat kulit siku yang kering.

 2. Pilih produk konsistensi kental: Tidak peduli seberapa hidrasibnya krim gel, untuk siku disarankan produk yang dipakai adalah yang konsistensinya kental daripada produk perawatan yang lain. Produk yang lebih thick ini, bisa membuat skin barrier antara kulit siku dan paparan dari luar, sehingga bisa membantu menjaga kelembapan kulit siku.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

3. Hindari mandi air panas: Mandi dengan air suhu yang panas atau hangat memang membuat tubuh rileks dan nyaman, tapi sayangnya cara ini justru akan membuat siku jadi lebih kering lagi.

4. Pakai mild cleanser: Disarankan menggunakan pembersih yang ringan dan tidak membuat kulit kering saat membersihkan siku. Diimbau juga, jika siku memang tidak kotor, maka sebenarnya tidak perlu membersihkan area tersebut sama sekali. Dibersihkan berlebihan bisa membuat siku justru jadi kering.

5. Jangan bertumpu pada siku: Di luar rutinitas perawatan, perhatikan juga kebiasaan Anda menopang dengan siku. Biasakan coba untuk tidak bertumpu pada siku saat bekerja, mengemudi, atau menonton televisi. Semakin banyak tekanan yang diberikan ke area siku, maka semakin tebal kulit yang akan menjadi pertahanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini