Share

5 Manfaat Sehat Cokelat untuk Kesehatan, Tak Cuma untuk Dikasih ke Pacar Loh

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 612 2629040 5-manfaat-sehat-cokelat-untuk-kesehatan-tak-cuma-untuk-dikasih-ke-pacar-loh-kTHKInQpi1.jpg Ilustrasi Cokelat. (Foto: Shutterstock)

COKELAT biasanya identik dengan hadiah untuk orang terkasih dan biasanya diberikan pada para perempuan. Tapi, sebenarnya cokelat tidak selalu untuk tanda kasih saja loh, tapi juga baik untuk kesehatan.

Cokelat sendiri merupakan produk makanan yang berasal dari biji buah kakao yang telah diolah. Memiliki cita rasa yang manis, tidak jarang cokelat menjadi salah satu makanan yang digemari oleh kaum hawa.

Meski untuk sebagian orang cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari karena dinilai memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, cokelat ternyata memiliki berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya seperti yang dilansir dari Hello Sehat berikut.

Cokelat

Memperbaiki Mood

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat memperbaiki mood dan suasana hati. kandungan teobromin, katekin, epikatekin, dan prosianidin dapat mengaktifkan dopamin yang memicu rasa senang.

Tinggi Antioksidan

Di dalam cokelat terdapat kandungan polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari berbagai lingkungan sekitar. Diketahui bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam cokelat bahkan lebih tinggi dari blueberry dan acai berry.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan flavonoid di dalam cokelat mampu mendorong produksi nitrit oksida. Nitrit oksida berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan menyebabkan tekanan darah ikut menurun.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Menurunkan Kolesterol

Polifenol dan teobromin yang terkandung di dalam cokelat mampu meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik yang mampu menekan berbagai penyakit kronis yang disebabkan kadar kolesterol tinggi seperti jantung koroner dan stroke. Meski begitu, Anda tetap harus mengonsumsi cokelat secukupnya dan berkonsultasi dengan dokter.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Meski memiliki rasa yang manis, cokelat ternyata mampu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini karenakan kandungan flavonoid pada cokelat mampu menjaga fungsi hormon insulin yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini