Share

5 Kuliner Khas Sri Lanka yang Menggoda Selera, Patut Dicoba!

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 298 2629675 5-kuliner-khas-sri-lanka-yang-menggoda-selera-patut-dicoba-ZcdfJeFoVt.jpg Kuliner Khas Sri Langka (Foto: SBS)

SAAT ini Sri Lanka tengah disorot oleh dunia, lantaran menjadi salah satu negara yang tengah ikut terkena imbas darurat global. Padahal negara ini cukup unik, di mana lokasinya berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya.

Selain itu, negara itu juga memiliki sederet destinasi wisata menarik yang berkaitan dengan sejarah, seperti Dambulla Cave, Polonaruwa, Yala National Park, hingga Kandy. Tak hanya itu saja, kawasan ini juga terdapat beberapa kuliner khasnya.

Kuliner khas Sri Lanka memang cukup jarang terdengar, dibandingkan dengan negara tetangganya yaitu India. Namun Anda perlu tahu, berikut ini lima wisata kuliner dari Sri Lanka seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Dhal

Kuliner Khas Sri Langka

Makanan khas Sri Lanka di urutan pertama adalah Dhal, atau dikenal dengan kari lentil. Kudapan satu ini merupakan salah satu makanan pokok, seperti halnya nasi bisa disantap dua hingga 3 hari sehari.

Untuk memasak dhal ini, Anda membutuhkan bawang Bombay, cabai hijau dan beberapa rempah seperti daun pandan, fenugreek, jinten, dan kayu manis, kemudian dicampur dengan santan.

BACA JUGA : Ini 6 Makanan yang Tak Boleh Dilewatkan saat Wisata Kuliner di Malaysia

2. Wambatu Moju

Kuliner Khas Sri Langka

Kemudian wambatu moju, menjadi kuliner khas Sri Lanka yang bisa Anda coba. Cara memasaknya masih menggunakan metode tradisional, dimasak di atas api terbuka dalam panci tanah liat. Makanan ini adalah acar terong Sri Lanka, bercita rasa pedas dan sangat kuat.

Wambatu Moju adalah pendamping yang cocok untuk dinikmati dengan kari, dan hidangan lainnya. Selain itu, juga tak kalah lezat jika disantap bersama nasi kukus, appa (hopper nasi), atau roti pipih.

BACA JUGA : 5 Tempat Makan Murah di Jaksel, Tanggal Tua Tetap Makan Enak!

3. Wood apple

Kuliner Khas Sri Langka

Selanjutnya adalah wood apple, merupakan jenis buah dan jadi makanan tradisional khas Sri Lanka ini cukup unik. Buah ini memiliki cangkang keras, dan terdapat rasa apel di dalamnya.

Wood apple tersedia sepanjang tahun, terutama selama Oktober. Ketika Anda membuka buah tersebut, biasanya akan tercium aroma asam yang sangat kuat dan menyengat. Masyarakat Sri Lanka cenderung mencampurkan jus wood apple dengan gula.

4. Watalappan

Kuliner Khas Sri Langka

Watalappan adalah makanan penutup custard mewah yang khas Sri Lanka. Makanan satu ini dibuat dengan campuran santan, telur, gula merah, dan sedikit bumbu seperti kapulaga, pala, dan cengkeh. Kemudian campuran tersebut selanjutnya dikukus selama 45 menit, sampai satu jam dan dilapisi dengan karamel gula aren.

Watalappan memiliki bagian dalam yang halus dan lembut, diisi dengan lubang-lubang kecil yang mengeluarkan sirup gula aren. Kuliner ini juga biasanya disajikan di acara-acara tertentu.

5. Lamprais

Kuliner Khas Sri Langka

Lalu ada lamparis adalah salah satu jenis makanan lezat, di mana yang dulunya diturunkan oleh keturunan Burghers Belanda. Makan ini merupakan jenis makanan yang bisa dikategorikan sebagai frikkadels.

Frikkadels sendiri merupakan sejenis bakso, namun dengan gaya ala Belanda. Selain itu, ada beberapa rempah yang dikombinasikan untuk mendapatkan rasa yang khas dari Lamprais. Beberapa bahan tersebut di antaranya adalah kapulaga, kayu manis dan seeni sambol. Lebih nikmat lagi jika disantap dengan nasi rebus, dimasak dalam stok pedas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini