Share

5 Trik Bikin Kentang Goreng Sempurna ala Restoran, Langsung dari Chef!

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 298 2629803 5-trik-bikin-kentang-goreng-sempurna-ala-restoran-langsung-dari-chef-ZeSTPHnYMG.JPG kentang goreng rumahan selezat di restoran, (Foto: NDTV)

KENTANG goreng memang kudapan lezat yang cocok disantap dalam berbagai suasana. Menonton film, berkumpul bersama keluarga, hangout bersama teman, sampai acara BBQ-an.

Terlihat mudah, tapi tak semua orang bisa membuat kentang goreng rumahan yang enak, garing, dan gurih seperti yang disajikan di restoran.

Asal tahu triknya, kita bisa kok bikin sendiri di rumah hidangan kentang goreng seenak dan serenyah ala restoran. Melansir NDTV, Kamis (14/7/2022) berikut ulasan singkat lima trik membuat kentang goreng dari Chef Pankaj Bhadouria

1. Potong dengan benar: Saat memotong kentang mentah, pastikan untuk memotongnya setebal 1/4 inci. Ini adalah ketebalan kentang goreng yang ideal yang biasa dilakukan di restoran dan kafe.

2. Pre-cook: Cara yang bagus untuk mendapatkan tekstur yang sempurna adalah dengan pre-cook sebelum digoreng, rebus dulu potongan kentang mentah dalam air dingin dengan sedikit cuka dan garam selama 7 sampai 8 menit. Kemudian angkat, tiriskan kentang goreng dan diamkan di atas kitchen towel.

3. Durasi menggoreng: Pada beberapa detik pertama celupkan kentang rebus ke dalam minyak yang sangat panas dan goreng hanya selama 50 detik. Setelah itu angkat, tiriskan di atas kitchen towel dan biarkan kentang jadi dingin.

4. Bekukan kentang: Bekukan kentang goreng setelah kentang digoreng setengah matang sampai benar-benar dingin, simpan dalam wadah kedap udara dan bekukan agar mengeras dan berbentuk padat.

5. Hindari defrost: Defrost atau mencairkan yang membeku ini malah bikin tekstur kentang jadi rapuh alias layu. Jadi langsung keluarkan saja dari freezer dan masukkan ke dalam minyak mendidih dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan. Setelah matang, bumbui dengan taburan garam atau tambahan bumbu lainnya.

 BACA JUGA:March Festival 2022: Tips Masak Hemat dengan Minyak Goreng ala Stefani Horison MCI

BACA JUGA:Tips Masak Wagyu ala Chef Arnold: Jangan Pakai Minyak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini