Share

3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memperparah Jerawat, Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 611 2630360 3-kebiasaan-buruk-yang-bisa-memperparah-jerawat-sering-dilakukan-tanpa-sadar-xMQl7N80UM.jpg Ilustrasi Jerawat. (Foto: Shutterstock)

KESALAHAN dalam memilih skincare ataupun makeup memang bisa membuat kulit kita bereaksi. Ketika skincare yang kita gunakan tidak cocok dengan kulit wajah, maka bisa saja muncul jerawat yang mengganggu.

Meskipun, jerawat terjadi tidak selalu karena kandungan dalam produk skincare yang tidak cocok. Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sering dilakukan secara tidak sadar ini juga dapat memperparah jerawat.

Seringkali kita tidak sadar tentang beberapa kebiasaan yang ternyata dapat memperburuk kondisi kulit yang sedang tidak baik. Apalagi jika Anda memiliki masalah kulit jerawat yang sulit untuk diatasi.

Selain memeriksa kandungan atau produk skincare yang sudah digunakan, mungkin Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan yang sering Anda lakukan. Kemudian, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk yang ternyata dapat memperparah jerawat di bawah ini.

Jerawat

Terlalu sering mengganti-ganti skincare

Kebiasaan ini dapat mengganggu jaringan kulit yang sedang beradaptasi dengan suatu kandungan dalam produk. Setiap produk skincare membutuhkan waktu beberapa minggu untuk dapat bekerja optimal. Maka itu, cobalah untuk memberikan rentang waktu 1-2 minggu tiap kali Anda mencoba produk skincare yang baru.

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor

Tangan yang kotor tentunya mengandung banyak bakteri yang dapat menjadi sumber kuman yang menyebabkan atau memperparah jerawat. Karena itu, hindarilah menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan baik sebelum akan menyentuh kulit wajah.

Sering menekan atau menyentuh jerawat

Jerawat pada kulit yang disentuh atau bahkan ditekan dapat memberikan resiko bekas jerawat yang sulit untuk diatasi. Maka, hindarilah untuk menyentuh jerawat atau coba gunakan acne patch pada jerawat untuk membantu mengurangi kebiasaan ini.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini