Share

5 Tips Mencegah Gatal di Bulu Janggut

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 23:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 611 2630416 5-tips-mencegah-gatal-di-bulu-janggut-TXSUnCfVbu.JPG gatal pada janggut, (Foto: Timesofindia)

RASA gatal jadi salah satu masalah yang dihadapi oleh para pria yang memiliki janggut. Gatal pada jenggot bisa dipicu berbagai faktor.

Mulai dari kurangnya kebersihan diri, kulit kering, rambut tumbuh ke dalam, jerawat, dan perawatan janggut yang berlebihan menggunakan sabun dan produk lain yang akhirnya mengiritasi kulit.

Cara efektif untuk mengurangi atau meredakan gatal ini, pertama yang pasti adalah menjaga kebersihan wajah dan jenggot. Bagaimana cara agar janggut jauh dari gatal? Melansir Timesofindia, Jumat (15/7/2022) dengan saran dari dermatologis, Dr. Satish Bhatia. Simak lima tips mencegah gatal pada bulu janggut.

1. Pakai pembersih wajah atau jenggot yang khusus ditujukan untuk perawatan janggut. Gunakan kondisioner janggut yang mengandung jojoba atau minyak argan untuk menjaga rambut janggut berminyak secara alami.

 BACA JUGA:4 Cara Terbaik Melembapkan Rambut Keriting

BACA JUGA:6 Cara Tepat Menyisir Rambut yang Kusut agar Terurai

2. Uji coba: Uji coba dulu, saat pakai produk minyak atau kondisioner janggut yang baru, karena beberapa produk bersifat komedogenik dan menyebabkan jerawat.

3. Sabun atau lotion alami: Aftershave, pakai sabun pencuci atau losion alami setelah bercukur, seperti yang mengandung minyak tea tree atau lidah buaya. Hindari produk yang mengandung terlalu banyak bahan kimia sintetis keras ya!

4. Hindari mencukur: Maksudnya di sini, kalau pertama kali menumbuhkan janggut, jika memungkinkan, hindari mencukur atau memangkas agar bulu-bulu janggut punya waktu untuk tumbuh melampaui folikel. Hal ini disebut bisa bantu mencegah iritasi dan kerusakan kulit atau folikel.

5. Rajin mandi: Paling mendasar, mandi setidaknya sekali sehari atau cuci janggut dengan air hangat setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini